Kompas TV nasional sosok

Aipda Ambarita, Polisi Viral yang Akan "Turun Gunung" Kembali ke Tim Patroli Jalanan

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 10:33 WIB
aipda-ambarita-polisi-viral-yang-akan-turun-gunung-kembali-ke-tim-patroli-jalanan
Aipda MP Ambarita disebut kembali ke tim patroli jalanan Jakarta (Sumber: Istimewa via Tribunnews.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aipda Monang Parlindungan Ambarita atau Aipda Ambarita, dikabarkan akan "turun gunung" kembali ke tim patroli jalanan Jakarta usai dimutasi di Humas Polda Metro Jaya pada 2021 lalu.

Selain Aipda Ambarita akan kembali ke bagian polisi patroli, Aiptu Zakaria alias Jacklyn juga akan kembali ke bagian reserse.

Hal itu disampaikan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat akan memberikan keterangan di rilis akhir tahun 2022 Polda Metro Jaya di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ) pada Sabtu (31/12/2022) lalu.

"Ambarita akan kembali ke jalan bersama Tim Perintas Presisi, Jack akan kembali ke Reserse menjadi Reserse humanis," kata Fadil.

"Sudah satu tahun setengah saya suruh bertapa mereka, mudah-mudahan dalam petapaannya menemukan sesuatu yang baru yang nantinya akan mengadah hati dan pikirannya untuk lebih melindungi, mengoyomi dan melayani masyarakat Jakarta," ujarnya.

Baca Juga: Berani Tolak Perintah Sambo, Ahli Psikologi: Ricky Mampu Menekan Agresivitas dari Lingkungan Sekitar

Melansir Kompas.com, Selasa (3/1/2023) Aipda Ambaria diketahui dimutasi karena dugaan pelanggaran (standard operating procedure) SOP saat bertugas pada akhir 2021 lalu.

Saat itu, Ambarita dinilai melanggar SOP karena memeriksa paksa ponsel milik seorang pemuda yang sedang berkumpul di malam hari. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya saat itu, Kombes Yusri Yunus, mengatakan pemeriksaan ponsel diperbolehkan, selama tidak melanggar SOP dalam bertugas. 

Profil Aipda Ambarita

Aipda Ambarita mulai dikenal khalayak umum dan viral karena YouTube pada tahun 2017. Saat itu dirinya memimpin Raimas Backbone

Raimas adalah singkatan dari pengurai massa yang bertugas mengurai, membubarkan, menceraiberaikan, dan melokalisasi massa yang melakukan tindakan anarki yang berpotensi mengganggu kamtibmas.


 

Ia bersama timnya kerap menyikat habis para orang-orang yang berpotensi melakukan pelanggaran hukum di Jakarta.

Tenar di dunia maya, akun Youtube Raimas Backbone memiliki jutaan subscriber dan ratusan ribu pengikut atau follower di Instagram.

Baca Juga: Saksi Ahli Kuat Ma'ruf Ungkap Lie Detector Bukan Salah Satu Alat Bukti

Saat itu, Ambarita mengatakan, uang hasil dari YouTube digunakan untuk uang makan dan merawat motor anggota.

"Bikin YouTube, menghasilkan uang. Itu buat kami makan. Dulu enggak ada uang makan dari kantor. Ada motor yang rusak, misalnya ganti tali kopling, itu uang dari YouTube," ucap Ambarita, 20 Oktober 2021 lalu.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x