Kompas TV regional gaya hidup

Memahami Potensi Generasi Muda dalam Menghasilkan Karya

Kompas.tv - 8 Desember 2022, 14:00 WIB
memahami-potensi-generasi-muda-dalam-menghasilkan-karya
Orang tua harus mendukung potensi generasi muda. (Sumber: Freepik/tirachardz)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masa remaja adalah waktu untuk bereksplorasi. Pada masa itu pula, remaja mulai memahami bagaimana dunia bekerja, mencari tahu kekurangan dan kelebihan diri, hingga menggali potensi diri.

Hal-hal seperti itu yang melatarbelakangi banyak generasi muda menggebu-gebu dalam menghasilkan suatu karya. Dimas Oky, Sociopreneur dan Ketua Perkumpulan Kader Bangsa, turut menekankan kalau generasi muda merupakan aset terpenting bagi suatu bangsa.

Dalam siniar Beginu episode “Yang Muda Yang Berkarya” yang dapat diakses melalui dik.si/BeginuDimasOkyP2, Dimas juga berharap agar pemerintah memberikan wadah yang tepat agar generasi muda bisa mengembangkan potensi terbaik mereka.

Seluruh generasi muda memiliki potensi yang berbeda-beda di berbagai bidang. Dan seharusnya hal itu bukanlah menjadi masalah karena manusia memang diciptakan saling melengkapi lewat keahlian yang berbeda.

Sayangnya, kerap kali orangtua ikut mencampuri pilihan mereka sehingga ada potensi yang terabaikan. Ditambah pula ada tekanan dari orangtua yang ingin anaknya memiliki pekerjaan yang menjanjikan, seperti dokter, PNS, atau akuntan.

Tekanan seperti itu tentu membuat para generasi muda merasa tak cocok dalam menjalaninya. Akibatnya, banyak yang merasa salah jurusan karena hanya menuruti ekspektasi orangtua.

Baca Juga: Neofobia: Ketakutan akan Hal-Hal Baru

Itu sebabnya, orangtua juga perlu memahami potensi anaknya agar mampu menghasilkan karya sesuai kelebihannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa orangtua lakukan untuk mendukung potensi mereka.

1. Ubah Pola Pikir

Langkah pertama adalah mengubah pola pikir bahwa orangtua bisa terus mengekang anak. Mengubah pola pikir bisa dimulai dengan bertanya kepada anak hal apa yang ia sukai. Selain itu, tanyakan pula tujuan hidup mereka.

Orangtua tidak boleh langsung memberikan mereka pilihan yang tak sesuai dengan keinginan mereka. Di sisi lain, jika pilihan mereka keliru, orangtua juga tak boleh memarahi mereka. Pasalnya, yang anak butuhkan adalah dukungan agar bisa bangkit lagi.

2. Berikan Wadah

Saat anak ingin mencoba banyak hal, orangtua harus mampu memberikan wadah. Alih-alih men-judge pilihannya salah, orangtua bisa memberikan target jika dirasa anak tidak mampu.

Orangtua yang memberikan anaknya wadah untuk berkarya bisa membangun kepercayaan mereka. Anak pun jadi lebih termotivasi sebab orangtua telah mendukung penuh impiannya.

Memahami pola pikir anak memang tidak mudah bagi orangtua. Namun, hal ini harus dilakukan agar anak mampu berkembang dan menghasilkan karya tanpa bayang-bayang orangtua.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anak Tak Mau Makan

Lantas, bagaimana pandangan Dimas terhadap generasi muda zaman sekarang? Bagaimana caranya agar mereka bisa menghasilkan karya lewat potensinya?

Dengarkan perbincangan lengkap Wisnu Nugroho bersama Dimas Oky dalam siniar Beginu episode “Yang Muda Yang Berkarya” yang dapat diakses melalui dik.si/BeginuDimasOkyP2 di Spotify.

Penulis: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x