Kompas TV nasional politik

Demokrat Sebut Pemimpin yang Pikirkan Rakyat Bukan Dilihat dari Fisik, tapi Gagasan dan Karya

Minggu, 27 November 2022 | 13:07 WIB
demokrat-sebut-pemimpin-yang-pikirkan-rakyat-bukan-dilihat-dari-fisik-tapi-gagasan-dan-karya
Herzaky Mahendra Putra menyebut ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat dilihat dari rekam jejak, termasuk gagasan dan karyanya, bukan melihat dari penampilan fisik. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat dilihat dari rekam jejak, termasuk gagasan dan karyanya, bukan melihat dari penampilan fisik.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, sehari setelah Presiden Joko Widodo menyampaikan ciri pemimpin kepada relawannya.

"Pemimpin yang memikirkan rakyat itu dilihat dari jejak rekamnya. Gagasannya, idenya, karyanya, untuk bangsa dan negara," ujar Herzaky kepada Kompas.com, Minggu (27/11/2022).

Menurut Herzaky, pemimpin yang memikirkan rakyat adalah seseorang yang mempunya visi besar untuk negara.  

Baca Juga: Sinyal Jokowi Dukung Pemimpin "Rambut Putih", Begini Respon PDI Perjuangan...

Sosok pemimpin tersebut, kata dia, juga kerap berbagi pemikiran dan memberikan usulan solusi untuk permasalahan-permasalahan bangsa di berbagai forum ilmiah ataupun forum publik.

Herzaky juga menyebut bahwa pemimpin yang memikirkan rakyat adalah yang mencari solusi bagi permasalahan yang ada, bukan pencitraan memberikan bantuan kepada masyarakat.

"Berani memperjuangkan nasib rakyat kecil, berupaya membantu rakyat yang sedang kesulitan, mau duduk bareng dengan rakyat dan mendengarkan keluhannya," papar Herzaky.

"Bukan dari penampilan fisik ataupun jadi artis di media sosial, pencitraan seakan-akan dekat dengan rakyat tapi, saat rakyatnya ditindas, diintimidasi, ditekan, malah diam seribu bahasa," ucapnya.

Sehari sebelumnya, Presiden RI, Jokowi memberi pengarahan khusus kepada relawannya dalam memilih sosok pemimpin yang akan meneruskan kinerjanya setelah 2024 mendatang.

Arahan itu diberikan dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (26/11/2022), yang diikuti oleh ribuan relawan Jokowi dari berbagai daerah dan elemen masyarakat.

Jokowi menyebut, ada sejumlah ciri pemimpin yang memikirkan kondisi rakyat secara serius, dan tampak jelas secara fisik sehingga bisa dicermati masyarakat.

Baca Juga: Jokowi Sebut Ciri Pemimpin Pro Rakyat "Rambutnya Putih", Kode Dukung Ganjar Pranowo?

"Perlu saya sampaikan, perlu saya sampaikan, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan.”

“Dari penampilannya itu kelihatan, nanyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada! Ada itu," ungkap Jokowi sambil tersenyum.


Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Sail Teluk Cenderawasih Upaya Tingkatkan Investasi

Sabtu, 4 Februari 2023 | 23:39 WIB
Close Ads x