Kompas TV olahraga sepak bola

Sorotan Media Qatar: Skuad Shin Tae-yong Gempur Pertahanan Korsel Sejak Awal

Kompas.tv - 26 April 2024, 13:20 WIB
sorotan-media-qatar-skuad-shin-tae-yong-gempur-pertahanan-korsel-sejak-awal
Kiper Indonesia, Ernando Ari, melakukan selebrasi seusai menepis sepakan adu penalti ke-12 Korea Selatan yang dilakukan Kang Hee-lee pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024, Jumat (26/4/2024) WIB, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. Ernando melakukan dua penyelamatan pada babak adu penalti. (Sumber: AFC via Kompas.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia U23 kembali mengukir sejarah dengan melaju ke babak semifinal setelah menumbangkan kekuatan sepak bola Asia, Korea Selatan dalam laga perempat final Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari tadi WIB.

Kemenangan ini tidak diraih dengan mudah, melainkan melalui perjuangan sengit dan drama adu penalti yang membutuhkan mental juara dari skuad Garuda Muda.

Media massa Qatar, Qatar Tribune, merilis laporan yang mengapresiasi kegigihan dan semangat juang tim asuhan Shin Tae-yong.

Baca Juga: Netizen Korea Selatan Geram, Sebut Shin Tae-yong Pengkhianat

Sejak menit-menit awal, Indonesia bermain dengan agresif dan terus menggempur pertahanan Korea Selatan.

Baca Juga: Media Korsel Sebut Shin Tae-yong Seperti Meng-KO Pelatih Hwang Sun-hong

Upaya tersebut membuahkan hasil ketika Rafael Struick mencetak gol di menit ke-15, melesatkan tendangan ke sudut gawang lawan yang memutus rekor clean sheet Korea Selatan di turnamen ini.

"Indonesia mengejutkan Korsel, Mereka meraih kemenangan adu penalti 11-10 setelah bermain imbang 2-2 untuk memastikan tempat bersejarah semifinal di Piala Asia AFC U-23 Qatar 2024," tulis Qatar Tribune dalam Antara.

Tak hanya itu, Struick kembali mencatatkan namanya di papan skor jelang turun minum babak pertama.

Baca Juga: Erick Thohir: Target Timnas U23 Indonesia Selanjutnya adalah Final, Momentum Milik Kita

Gol keduanya lahir dari skema apik yang diakhiri dengan penyelesaian yang brilian, membuat Qatar Tribune memberikan apresiasi khusus atas aksi individu maupun kolektif tim Indonesia.

"Ini mencerminkan kegigihan Indonesia, karena gol tersebut tercipta hanya tiga menit setelah Korea Selatan menyamakan kedudukan melalui sundulan Eom Ji-sung yang dibelokkan oleh Komang Teguh dan melewati Ernando Ari di gawang Indonesia," lanjut laporan tersebut.

Meski Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-84, mereka akhirnya harus mengakui keunggulan tim Indonesia lewat drama adu penalti dengan skor 11-10.

Baca Juga: Statistik Membuktikan, Timnas Indonesia Ungguli Korea Selatan di Piala Asia U23 2024

Qatar Tribune juga menyebut kekalahan ini sebagai pukulan telak bagi Korea Selatan yang selalu menjadi kekuatan di level Asia dan mengakhiri harapan mereka untuk lolos ke Olimpiade untuk kesepuluh kalinya.

"Kekalahan tersebut mengakhiri harapan mereka untuk lolos ke Olimpiade untuk yang ke-10 kalinya," tulis Qatar Tribune.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x