Kompas TV regional berita daerah

Harga Bawang Merah di Tegal Meroket! Naik Hingga Rp 70 Ribu Per Kg!

Kompas.tv - 26 April 2024, 13:21 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pantauan di pasar Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, pada Rabu pagi, harga bawang merah kualitas biasa yang dua hari lalu masih dijual Rp 53 ribu per kilogram naik menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Sedangkan bawang merah untuk kualitas bagus dari sebelumnya dijual di kisaran Rp 60 ribu hingga Rp 65 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 70 ribu per kilogram.

 

Seorang pedagang sayur mayur di pasar Bandung, Kota Tegal, bernama Tuti, menyebut terus melonjaknya harga bawang merah pasca Lebaran terjadi akibat pasokan di pasaran tidak banyak. Selain karena banyak petani yang belum beraktivitas karena merayakan Lebaran, bencana banjir beberapa waktu lalu juga menyebabkan banyak petani yang tanaman mereka rusak hingga gagal panen.

 

Selain bawang merah, harga komoditas lain yang tak kunjung turun yaitu tomat, kol, dan kentang. Tomat masih dijual Rp 22 ribu per kilogram, padahal harga tomat sebelum naik hanya Rp 6 ribu per kilogram.

 

Kentang dan kol juga belum turun. Harga kentang kini dijual Rp 10 ribu per kilogram dari semula Rp 5 ribu per kilogram, dan kol Rp 9 ribu per kilogram, naik Rp 3 ribu dari harga normal atau sebelumnya hanya dijual Rp 6 ribu per kilogram.

 

Pedagang memperkirakan dengan kondisi cuaca masih turun hujan saat ini, harga bawang merah dan sayur mayur lainnya dalam beberapa pekan ke depan masih akan terus melonjak. Pasalnya, permintaan konsumen juga sedang tinggi, banyak masyarakat yang tengah menggelar hajatan pesta pernikahan maupun khitanan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x