Kompas TV olahraga kompas sport

Jokowi Sebut Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di IKN

Kompas.tv - 16 November 2022, 14:31 WIB
jokowi-sebut-indonesia-siap-jadi-tuan-rumah-olimpiade-2036-di-ikn
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2036 mendatang dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai lokasinya. (Sumber: Deccan Herald)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2036 mendatang dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai lokasinya. 

Hal ini disampaikan Jokowi di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu, 16 November 2022.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi seperti dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu.

Dalam kesempatan itu, Presiden RI ini juga sempat mengutarakan kesepakatan tentang peran penting olahraga di antara para pemimpin G20.

Menurutnya selain untuk kesehatan, olahraga juga memiliki peran penting dalam mempersatukan dunia.

“Saya, sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini,” tegasnya.

Baca Juga: Para Pemimpin G20 Kaget Lihat Tahura Bali, Jokowi: Ini Success Story

Menurutnya, kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade berikutnya akan menegaskan pentingnya netralitas dalam ajang olahraga internasional.

Diketahui, Olimpiade dan Paralimpiade berikutnya akan digelar yaitu Olimpiade Paris 2024, Milano-Cortina untuk 2026 (musim dingin), Los Angeles untuk 2028, Brisbane untuk 2032 dan Youth Olympic Games 2024 di Gangwon (musim dingin) dan Dakar di 2026.

“(Kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade) akan menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga,” tegas Jokowi.


 

Menguti dari Antara, pesan tentang peranan penting olahraga di dunia juga sebelumnya sempat disampaikan oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach serta Presiden Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino.

Hal itu disampaikan keduannya saat turut menghadiri jamuan makan siang pemimpin negara dan delegasi KTT G20 di Bali pada Selasa (15/11) kemarin.

Pada kesempatan itu, Bach menyerukan persatuan dunia, sedangkan Infantino mengimbau agar Rusia-Ukraina berkenan melakukan gencatan senjata selama Piala Dunia 2022 Qatar yang bakal bergulir mulai Minggu 20 November ini.

Baca Juga: Peran Penting "Dua Srikandi" yang Selalu Dampingi Presiden Jokowi di Hari Pertama KTT G20 Bali



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x