Kompas TV nasional peristiwa

Para Pemimpin G20 Kaget Lihat Tahura Bali, Jokowi: Ini Success Story

Kompas.tv - 16 November 2022, 13:27 WIB
para-pemimpin-g20-kaget-lihat-tahura-bali-jokowi-ini-success-story
Presiden Joko Widodo mengatakan, para pemimpin G20 kaget Indonesia sudah melangkah jauh dalam kotribusi untuk perubahan iklim. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengatakan, para pemimpin G20 kaget Indonesia sudah melangkah jauh dalam kotribusi untuk perubahan iklim.

Bagi para pemimpin G20, Taman Hutan Raya (Tahura) di Ngurah Rai, Bali, adalah bentuk kerja konkret pemerintah Indonesia dalam mendukung perubahan iklim.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi seusai mendampingi para pemimpin G20 ke Taman Hutan Raya (Tahura) di Ngurah Rai, Bali, Rabu (16/11/2022).

“Banyak yang kaget bahwa kita sudah melakukan sejauh ini, dan mereka mengatakan ini adalah sebuah pekerjaan yang konkret, karena di sini memiliki kapasitas 6 juta bibit, itu baru satu lokasi,” ucap Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pakar TPPU: Negara Tidak Boleh Diuntungkan dari Kejahatan Indra Kenz, Ini untuk Kewibawaan Negara

“Tadi saya sampaikan, kita tahun depan akan memiliki 33 lokasi sekarang 5 sudah selesai, yang sisanya dalam proses berjalan. Saya kira, itu yang inspirasi para pemimpin, hal-hal yang konkret, yang dilakukan baik dalam transisi energi hijau maupun dalam ekonomi hijau terhadap perubahan iklim.”

Dalam keterangannya, Jokowi mengatakan Indonesia adalah pemilik hutan mangrove terluas di dunia dengan luas 3,3 juta hektare.


Meski demikian, Jokowi menekankan Indonesia akan tetap ingin berkontribusi kepada perubahan iklim.

“Sebagai negara pemilik hutan mangrove yang terluas di dunia yaitu 3,3 juta hektar hutan mangrove, Indonesia ingin berkontribusi kepada perubahan iklim, terhadap perubahan iklim,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Soal Jokowi Ingin Jadi Rakyat Biasa dan Aktif di Lingkungan Hidup, Politikus PDIP: Sikap Personal

“Dan di Tahura Ngurah Rai ini, adalah sebagai sebuah contoh success Story, Bagaimana 1300 hektar hutan mangrove itu ditanam, diperbaiki di pelihara.”

Menurut Jokowi, Taman Hutan Raya (Tahura) di Ngurah Rai sebelumnya adalah area tambak ikan yang terabrasi.

Kini, ada 33 spesies pohon mangrove dan 300 fauna yang hidup di Taman Hutan Raya (Tahura) di Ngurah Rai.

“Yang ini sebelumnya adalah area tambak ikan, area yang terabrasi, kemudian sekarang menjadi rumah bagi 33 spesies pohon mangrove yang juga ini menjadi rumah bagi lebih dari 300 fauna, seperti ikan, udang, burung, monyet, ular semuanya bisa hidup di hutan mangrove,” kata Jokowi.

“Ini sekali lagi adalah wujud konkrit Indonesia dalam perubahan iklim. Oleh sebab itu, tadi saya sampaikan, Indonesia mengajak anggota negara-negara G20 untuk berkolaborasi bekerja sama dalam sebuah aksi nyata untuk pembangunan ekonomi hijau yang inklusif.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.