Kompas TV olahraga sepak bola

Ernando Ari: Kemenangan di Perempat Final Bukan Akhir, Kami Ingin Jadi Juara

Kompas.tv - 26 April 2024, 15:05 WIB
ernando-ari-kemenangan-di-perempat-final-bukan-akhir-kami-ingin-jadi-juara
Kiper Timnas Indonesia U23 Ernando Ari Sutaryadi. Ernando Ari menjadi pahlawan timnas Indonesia U23 saat mengalahkan Australia 1-0 pada Piala Asia U23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Aditya Pradana Putra/Pool/wsj)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Kiper Timnas Indonesia U23 Ernando Ari menyatakan kemenangan yang berhasil diraih Garuda Muda saat menjamu Korea Selatan dalam babak perempat final Piala Asia U23 2024, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB bukan akhir tujuan tim tersebut.

Ernando yang berhasil menggagalkan dua tendangan penalti lawan dan mencetak satu gol penalti sendiri membidik target yang lebih besar: menjadi juara Piala Asia U23 2024.

"Saya ingin mengatakan bahwa perjalanan kami belum berakhir. Kami ingin menjadi juara," tutur Ernando dikutip dari situs AFC Asian Cup.

Baca Juga: Rafael Struick Cetak Brace ke Korsel, Julukan "El Klemer" Auto Berubah Jadi "A Hero"

Kemenangan 11-10 lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2 pada waktu normal membuat Indonesia menjadi negara ke-10 yang mencapai semifinal.

Ernando menyatakan seluruh tim saling percaya terkait siapa yang mengeksekusi tendangan titik dua belas pas.

"Kami saling percaya saat adu penalti," ujar pemain 22 tahun itu.

Baca Juga: Sorotan Media Qatar: Skuad Shin Tae-yong Gempur Pertahanan Korsel Sejak Awal

"Saya berlatih dan ketika giliran saya, saya hanya fokus pada sasaran," jelasnya.

Sebelum memulai turnamen mereka di Piala Asia U-23 2024 di Qatar, pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong, telah menetapkan target untuk melaju ke babak semifinal - bahkan dalam penampilan debut mereka di turnamen itu.

Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu menyaksikan anak asuhnya mewujudkan target tersebut dengan kemenangan memukau di perempat final melawan negaranya sendiri. Mimpi besar mereka terus berlanjut di Stadion Abdullah Bin Khalifa.

Baca Juga: Netizen Korea Selatan Geram, Sebut Shin Tae-yong Pengkhianat

Setelah pertandingan, Shin menjelaskan bahwa melaju ke semifinal merupakan pencapaian yang selama ini diyakininya, karena ia mengetahui kemampuan anak asuhnya setelah melatih mereka sejak 2019.

"Ernando (Ari), Rizky (Ridho), (Pratama) Arhan - semua pemain ini (dan lainnya) telah bersama saya selama empat tahun," ujarnya.

"Saya mengenal mereka dengan sangat baik dan satu-satunya hal yang perlu saya berikan adalah motivasi; jika saya bisa melakukan itu, saya tidak ragu kami bisa mendapatkan hasil yang baik (malam ini)."

Baca Juga: Media Korsel Sebut Shin Tae-yong Seperti Meng-KO Pelatih Hwang Sun-hong

Pelatih berusia 53 tahun tersebut sebelumnya telah menyepakati perpanjangan kontrak dengan PSSI.

"Sepak bola Indonesia sedang meningkat, berkembang, dan sekarang, saya yakin bahwa siapa pun lawan kami, kami bisa bersaing," kata Shin.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x