Kompas TV nasional hukum

KPK Dalami Transaksi Valas di Kasus Gubernur Papua Lukas Enembe

Kompas.tv - 16 November 2022, 13:20 WIB
kpk-dalami-transaksi-valas-di-kasus-gubernur-papua-lukas-enembe
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut penyidik terus mendalami dugaan transaksi valuta asing (valas) terkait dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe (LE). (Sumber: ANTARA/Benardy Ferdiansyah)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan transaksi valuta asing (valas) terkait dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe (LE).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengungkapkan penelusuran itu dilakukan melalui pemeriksaan terhadap dua saksi yakni Kriswanto dari PT Anugrah Valasindo, dan Roby, dari  pihak PT Mulia Multi Remittance/Mulia Multi Valas.

Keduanya telah diperiksa penyidik KPK di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, pada Selasa (15/11/2022) kemarin.

"Keduanya hadir dan dikonfirmasi terkait pengetahuan saksi mengenai adanya dugaan transaksi valas dalam perkara dengan tersangka LE dkk yang penyidikannya masih terus kami lakukan," kata Ali Fikri dalam kerangannya, Rabu (16/11). 

Keduanya diperiksa untuk tersangka Lukas Enembe dan kawan-kawan dalam penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait dengan pekerjaan atau proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Penjelasan Lengkap KPK Soal Firli Ketemu Lukas Enembe di Papua


Dalam kasus ini, lembaga antirasuah ini telah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka.

Namun, sejauh ini KPK secara resmi belum mengumumkan penetapan Lukas Enembe dan kasus yang menjeratnya itu.

Selain itu, pemeriksaan terhadap Lukas sempat berlangsung alot. KPK sudah melayangkan panggilan terhadap Lukas, namun hingga surat pemanggilan kedua pada 26 September 2022, Lukas tidak kooperatif untuk menghadiri pemeriksaan penyidik, dengan alasan sakit.

Tim penyidik pun akhirnya menemui Lukas Enembe di kediamannya, Kota Jayapura, Papua, Kamis (3/11), dalam rangka pemeriksaan kasus.

Tim yang terdiri atas dokter KPK dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga menemui Lukas Enembe untuk pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga: Terbaru, KPK Sita Uang dan Emas Batangan dari Rumah Pribadi serta Apartemen Lukas Enembe

Di sisi lain, dalam proses penyidikan berjalan, tim penyidik KPK pekan lalu juga telah menggeledah rumah Lukas yang berada di Jakarta.

"Tim penyidik telah selesai melakukan penggeledahan di dua lokasi berbeda di Jakarta yaitu rumah kediaman tersangka LE (Lukas Enembe) dan juga sebuah apartemen," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, dalam keterangannya, Kamis (10/11).

Ali Fikri menyebut, dalam penggeledahan tersebut, tim penyidik berhasil menemukan sejumlah dokumen, uang tunai, hingga emas batangan.

"Ditemukan beberapa dokumen terkait perkara, bukti elektronik, catatan keuangan, uang cash dalam bentuk rupiah dan juga emas batangan," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x