Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Banyak Diincar Kolektor, Uang Koin Rp 500 Gambar Melati Tahun 2000 Dijual Harga Berapa?

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 09:42 WIB
banyak-diincar-kolektor-uang-koin-rp-500-gambar-melati-tahun-2000-dijual-harga-berapa
Uang koin Rp 500 gambar melati tahun emisi 1991. (Sumber: Tokopedia via Motorplus-online.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Uang kuno kerap dijual dengan harga yang lebih tinggi dari nominal aslinya. Biasanya, semakin lama dan langka sebuah uang, maka harga jualnya semakin tinggi.

Meskipun sudah tidak lagi bisa digunakan untuk transaksi, sejumlah uang kuno masih diminati oleh para kolektor. Adapun harga jualnya bervariasi, tergantung kelangkaan dan jenis dari koin itu sendiri.

Salah satu jenis uang lama yang dijual dengan harga lebih tinggi dari nominal aslinya ialah uang logam kuning pecahan Rp 500 bergambar melati tahun emisi 2000.

Berdasarkan pengamatan KOMPAS.TV, uang tersebut kini dijual di berbagai platform marketplace, dengan harga yang bervariasi.

Baca Juga: BI Tarik Uang Koin Khusus Emisi 1995 Dari Peredaran, Ini Penampakannya

Salah satu penjual di Tokopedia membanderol harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk setiap keping uang Rp 500 itu. Harga tersebut dipatok penjual dengan memperhitungkan kondisi uang yang diklaim masih bagus.

Ada juga penjual yang menawarkan uang logam Rp 500 melati kecil ke dalam satu paket berisikan 7 keping uang Rp 500 melati dengan emisi berbeda. Paket ini dijual dengan harga Rp 20.000.

Bagi Anda yang memiliki uang lama seperti uang logam Rp 500 melati kecil, mungkin juga bisa mencoba menjualnya di platform marketplace. Namun perlu diingat, tidak semua uang kuno bisa dijual dengan harga tinggi.


 

Uang kuno punya harga jual tinggi

Dilansir Kompas.com, terdapat dua hal yang mempengaruhi harga jual uang kuno, yakni tingkat kelangkaan, semakin langka uang kuno semakin tinggi nilai harganya.

Kemudian hal yang perlu diperhatikan juga ialah kondisi fisik uang.

Baca Juga: Menabung Sejak 2013, Polisi di Cianjur Beli Motor Pakai Uang Koin Sebanyak 22 Kantong

Selain kedua faktor tersebut, ada lagi yang menjadi ketertarikan kolektor terhadap uang kuno, yang pertama uang dengan kondisi misprint atau miscut, yaitu uang yang mengalami salah cetak atau salah potong dalam pembuatannya.

Kecacatan uang ini menjadi hal unik dan menarik bagi numismatis.

Ada pula, kolektor yang tertarik pada nomor seri uang yang unik, misalnya nomor seri yang urut atau kombinasi angka tertentu dianggap cantik.

Keunikan-keunikan ini dapat meningkatkan harga jual uang kuno ditingkat online maupun offline.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x