Kompas TV regional peristiwa

Mobil Hias Parade Jakarnaval 2022 Terbakar di Akhir Gelaran

Kompas.tv - 14 Agustus 2022, 20:39 WIB
mobil-hias-parade-jakarnaval-2022-terbakar-di-akhir-gelaran
Mobil hias terbakar di akhir gelaran Jakarnaval di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta, Minggu (14/8/2022). (Sumber: ANTARA/Ricky Prayoga)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satu mobil hias mengalami kebakaran saat mengikuti parade Jakarnaval di Jakarta International E-Prix Circuit atau JIEC Ancol, Jakarta Utara, Minggu (14/8/2022).

Berdasarkan laporan Antara, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, tepat setelah parade yang dilakukan di trek balap tersebut selesai.

Mobil yang terbakar itu merupakan mobil hias terakhir dalam rangkaian karnaval yang menampilkan kisah Ramayana dalam parade bertajuk "The Inferno Heart".

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata menduga kebakaran tersebut terjadi akibat percikan kembang api yang digunakan sebagai efek dalam parade.

"Ini bentuk kreativitas dari anak-anak kita dalam karya di mobil hias tersebut, ada semacam 'gimick' percikan api, kemungkinan itu yang mengakibatkan hal itu terjadi," kata Andhika.

Namun, dengan kecekatan dari petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) atau Pemadam Kebakaran DKI Jakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta panitia bisa menanggulangi kejadian itu sehingga tidak timbul korban jiwa.

Diketahui, api berhasil dipadamkan lima menit kemudian atau sekitar pukul 18.35 WIB. Sebagian besar penonton pun sudah meninggalkan area tribun saat kebakaran tersebut terjadi.

Baca Juga: Puncak Jakarnaval 2022 Digelar di Sirkuit Formula E, Ini Alasan Pemprov DKI Jakarta

"Alhamdulillah semua pihak, yakni Gulkarmat dan BPBD langsung bertindak dan langsung terkendali. Dan tidak ada korban," jelas dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut kebakaran mobil hias tersebut bukan merupakan kejadian besar dan tidak menyebabkan kerusakan yang berat.

"Iya tadi ada kebakaran tapi kecil dan sudah bisa ditangani dengan baik, tidak apa-apa," kata Riza selepas acara Jakarnaval 2022.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) menggelar Jakarnaval tahun 2022. Puncak acara ini diadakan di JIEC Ancol, Jakarta Utara, pada hari ini.

Adapun Jakarnaval 2022 ditujukan sebagai bentuk apresiasi Pemprov DKI Jakarta kepada pegiat ekonomi kreatif dan komunitas Jakarta yang bertahan melewati masa sulit akibat pandemi Covid-19. 

"Kegiatan ini dihadirkan sebagai upaya membangkitkan kembali industri pariwisata di Jakarta, dan diharapkan dapat menggerakkan perekonomian lokal berbasis pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif," ujar Andhika.

Tak hanya parade kendaraan hias, rangkaian acara karnaval juga diisi oleh, drama musikal, marching band, dan penampilan menarik dari komunitas pegiat seni budaya di Jakarta.

Baca Juga: Pemprov DKI Gelar Jakarnaval di Sirkuit Formula E Akhir Pekan Ini



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x