Kompas TV nasional peristiwa

Karangan Bunga untuk Eril Capai 1.700 di Gedung Pakuan, Dukungan bagi Keluarga Ridwan Kamil

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 15:09 WIB
karangan-bunga-untuk-eril-capai-1-700-di-gedung-pakuan-dukungan-bagi-keluarga-ridwan-kamil
Deretan karangan bunga dengan ucapan dukacita atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, terlihat di Gedung Pakuan, Bandung, Minggu (12/6/2022). Jumlahnya mencapai lebih dari 1.700 buah. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gedung Pakuan, Bandung, yang menjadi rumah duka untuk meninggalnya putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, dibanjiri karangan bunga dari masyarakat.

Menurut laporan dari jurnalis KOMPAS TV, Ni Putu Trisnanda, karangan bunga hingga berita ini diturunkan masih terus berdatangan.

Hingga hari ini, Minggu (12/6/2022), karangan bunga mencapai lebih dari 1.700 buah, baik yang disimpan di area dalam dan luar Gedung Pakuan.

Baca Juga: Atalia dan Zara akan Jemput Jenazah Eril di Bandara Soetta, Ikut Membersamai ke Gedung Pakuan

Selain karangan bunga, masyarakat juga membawa bunga berwarna putih yang disimpan di Ruang Ekspresi.

Bunga putih tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak keluarga Ridwan Kamil jika memungkinkan. Bunga tersebut melambangkan bentuk dukacita sekaligus dukungan bagi keluarga Ridwan Kamil.

Diketahui, bunga berwarna putih memiliki makna kedamaian dan suci. Selain itu, dengan adanya bunga putih ini, masyarakat berharap bahwa Eril dapat ‘pulang’ dalam keadaan suci.

Masyarakat yang berdatangan juga menuliskan ungkapan belasungkawa di Gedung Pakuan, mengingatkan bahwa kepergian sosok Eril begitu membekas di masyarakat.

Meski mengizinkan masyarakat memasuki Gedung Pakuan untuk mendoakan Eril, pihak keluarga juga memohon kebijakan dari masyarakat untuk tidak melakukan dokumentasi pribadi.

Baca Juga: Setibanya di Tanah Air, Ridwan Kamil akan Pimpin Salat Jenazah Eril

Sebelumnya, ibunda Eril, Atalia Praratya juga telah memberikan imbauan tersebut melalui akun Instagram pribadinya. Dia mengunggah sejumlah imbauan bagi masyarakat yang datang, di antaranya:

  1. Setiap tamu yang akan bertakziah diimbau untuk melapor ke petugas keamanan.
  2. Pelaksanaan salat jenazah akan bertahap dilaksanakan pada Minggu, 12 Juni pukul 22.00 WIB- Senin, 13 Juni pukul 08.00 WIB.
  3. Untuk tidak melakukan dokumentasi pribadi momen takziah dan pemakaman demi kelancaran acara.
  4. Untuk media yang bertugas, berkoordinasi dengan Humas Jabar terlebih dahulu.
  5. Kepada para tamu yang hadir di pemakaman diharapkan: (a) Hadir sebelum pukul 10.00. (b) Efektif dalam penggunaan kehadiran agar tidak menimbulkan kemacetan
  6. Bagi masyarakat yang hendak ziarah, bisa dilaksanakan setelah proses pemakaman selesai.
  7. Semua tamu yang akan berkunjung dan hadir di lokasi, harap mematuhi semua aturan yang berlaku.

Baca Juga: Ridwan Kamil Unggah Foto Terakhir Eril yang Ia Jepret Sendiri: Foto Terganteng!

Sebagai informasi, jenazah Eril dijadwalkan akan tiba di Tanah Air pada pukul 15.45 WIB bersama Ridwan Kamil. Ibunda Eril, Atalia, dan adiknya, Camillia Laetitia Azzahra, akan menjemput ke Bandara Soekarno Hatta.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x