Kompas TV internasional kompas dunia

Wakil Israel Lolos ke Final Eurovision 2024 di Tengah Unjuk Rasa Dukungan untuk Palestina

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 23:00 WIB
wakil-israel-lolos-ke-final-eurovision-2024-di-tengah-unjuk-rasa-dukungan-untuk-palestina
Eden Golan dari Israel menyanyikan lagu Hurricane selama babak semifinal kedua Kontes Lagu Eurovision di Malmo, Swedia, Kamis, 9 Mei 2024. (Sumber: AP Photo/Martin Meissner)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

MALMO, KOMPAS.TV - Wakil Israel berhasil lolos ke babak final kompetisi menyanyi Eurovision 2024 meskipun keikutsertaannya ditentang, mengingat situasi perang dengan Hamas di Jalur Gaza, Palestina.

Eden Golan yang mewakili Israel di ajang tersebut berhasil lolos usai menyanyikan lagu berjudul Hurricane di hadapan 9.000 orang di Malmo Arena, Swedia, Kamis (9/5/2024).

“Sungguh suatu kehormatan bisa berada di sini di atas panggung, mewakili Israel dengan bangga,” kata penyanyi berusia 20 tahun itu dikutip dari Euro News.

"Saya sangat berterima kasih kepada semua orang yang memilih dan mengambil bagian dalam mendukung kami, dan saya."

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu turut mengucapkan selamat kepada Golan sembari memujinya yang mampu bertahan meski banyak protes dan cemooh kepadanya.

"Anda sudah menang,” kata Netanyahu.

“Eden, aku ingin mendoakanmu sukses. Anda telah menang – karena Anda tidak hanya berkompetisi di Eurovision dengan cara yang membanggakan dan sangat mengesankan, Anda juga berhasil menghadapi gelombang antisemitisme yang mengerikan – dan Anda menentangnya serta mewakili Negara Israel dengan penuh kehormatan," ucap Netanyahu.

Di Swedia, dukungan kepada Palestina memang sangat tinggi. Hampir 12.000 orang, termasuk aktivis lingkungan Greta Thunberg, berdemonstrasi di Malmo menentang partisipasi Israel dalam kompetisi tersebut, dan mengungkapkan kemarahan mereka terhadap perang di Gaza.

Orang-orang melakukan protes pada demonstrasi Pro-Palestina karena mengeluarkan Israel dari Eurovision menjelang babak semifinal kedua Kontes Lagu Eurovision di Malmo, Swedia, Kamis, 9 Mei 2024. (Sumber: AP Photo/Martin Meissner)

Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina dan memegang spanduk bertuliskan: "Bebaskan Palestina" dan "EUR melegitimasi genosida".

Baca Juga: Penampakan Tank dan Pasukan Israel Kuasai Penyeberangan Rafah




Sumber : Euro News


BERITA LAINNYA



Close Ads x