Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Menjaga Jaringan Listrik Tetap Andal, PLN ULP Ampera Lakukan Pemangkasan Ranting Pohon

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 23:32 WIB
menjaga-jaringan-listrik-tetap-andal-pln-ulp-ampera-lakukan-pemangkasan-ranting-pohon
Dari aksi Goers, PLN ULP Ampera telah melaksanakan pembersihan sepanjang 10,3 kms di 4 penyulang dengan melakukan pemangkasan 85 pohon yang berpotensi menggangu suplay listrik. (Sumber: Humas PLN ULP Ampera )
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Tim PLN Unit Layanan Pelanggan Ampera melaksanakan Aksi Goesr (Gerakan Operasi Eksekusi Serentak Berdasarkan Riskbase Maintenance) dengan melakukan pemangkasan ranting pohon yang mengganggu jaringan kabel PLN, di wilayah kerja ULP Ampera, Kamis (9/5/2024).

Kegiatan ini sebenarnya rutin dilaksanakan untuk mencegah terjadinya gangguan pada pasokan listrik. Terlebih lagi pada cuaca ekstrim Hujan Deras yang disertai angin yang belakangan terjadi sangat berpotensi mengganggu keamanan kabel milik PLN. Pasalnya, banyak pohon tumbang atau ranting pohon menyentuh kabel jaringan milik PLN dan bisa mengganggu aliran listrik, hingga terjadi pemadaman

Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Ampera, Muhammad Aulia menjelaskan kegiatan Goesr ini dilaksanakan berdasarkan riskbase maintenance yang telah disiapkan oleh petugas pelayanan teknik, jadi dalam eksekusinya sudah dengan jelas diketahui lokasi yang akan dilakukan pemangkasan.

Pengerjaan dilakukan oleh 10 petugas gabungan dengan mengerahkan 2 unit mobil dan 1 crane untuk menjangkau pohon yang tinggi. Hal ini untuk memastikan ranting pohon tidak menyentuh jaringan kabel PLN. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB

“Jadi minimal jaraknya antara ranting pohon dengan kabel itu harus tiga meter,” kata Aulia.

Terkait kegiatan pengamanan jaringan listrik dari pohon, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak melarang petugas melaksanakan pemotongan. Ia juga berharap agar masyarakat aktif melapor, jika menemukan instalasi listrik PLN yang rusak atau ingin melakukan pemangkasan pohon demi keamanan.

“Silakan mengakses PLN Mobile untuk melakukan pelapor atau call center 123 untuk mempercepat perbaikan,” kata Aulia.

Dari aksi Goers tersebut, PLN ULP Ampera telah melaksanakan pembersihan sepanjang 10,3 kms di 4 penyulang dengan melakukan pemangkasan 85 pohon yang berpotensi menggangu suplai listrik.




Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x