Kompas TV nasional peristiwa

Tanah dan Air 34 Provinsi Bersatu di Titik Nol IKN, Jokowi: Bentuk Kebhinekaan dan Persatuan Kuat

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 10:29 WIB
tanah-dan-air-34-provinsi-bersatu-di-titik-nol-ikn-jokowi-bentuk-kebhinekaan-dan-persatuan-kuat
Prosesi penyatuan tanah dan air yang dilakukan Presiden Jokowi dan 34 Gubernur di seluruh Indonesia di titik nol IKN di Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

KALIMANTAN, KOMPAS.TV - Prosesi penyatuan tanah dan air yang dibawa oleh para 34 gubernur seluruh Indonesia dilakukan di lokasi titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Kendi-kendi yang berisi tanah dan air dari 34 provinsi satu persatu diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk dituangkan langsung ke dalam Kendi Nusantara.

Presiden Jokowi terlihat didampingi oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Prosesi penyatuan tanah dimulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyerahkan kendi berisi air dan tanah dari Jakarta Utara.

Dilanjutkan Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerahkan kendi yang berisi air dan tanah dari wilayahnya, kemudian Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi hingga terakhir adalah Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Baca Juga: Anies Bawa Tanah dari Kampung Akuarium ke IKN, Ini Alasannya

Dalam prosesi penyatuan tanah dan air itu dituangkan di gentong yang sudah disiapkan menjadi satu dari 34 provinsi.

"Baru saja tadi tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi Ibukota Nusantara," sambut Jokowi dalam siaran langsung di Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, penyatuan tersebut dimaksudkan sebagai bentuk persatuan yang kuat seluruh wilayah Indonesia.

"Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat diantara kita dalam rangka membangun ibukota Nusantara," tutur Jokowi.

"Ini kolaborasi antara Pemerintah Pusat Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Swasta dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan ibukota negara ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud," lanjutnya.

Rangkaian upacara penyatuan tanah dan air diakhiri dengan lantunan doa yang dibacakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Jokowi dan para gubernur lantas melakukan penanaman pohon bersama di lokasi yang tak jauh dari tugu titik nol kilometer IKN.

Baca Juga: Dimulai dari Anies Baswedan, Tanah dan Air dari Seluruh Nusantara Dibawa dengan Wadah Khas Daerah

Diberitakan sebelumnya Rombongan Presiden Jokowi bertolak dari Balikpapan pada pukul 07.30 WIB dan sampai di IKN sekitar pukul 08.35, WIB.

Malam hari nanti, Presiden Jokowi akan berkemah di lokasi IKN untuk kemudian melanjutkan agenda kerja keesokan harinya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x