Kompas TV nasional peristiwa

Dimulai dari Anies Baswedan, Tanah dan Air dari Seluruh Nusantara Dibawa dengan Wadah Khas Daerah

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 09:33 WIB
dimulai-dari-anies-baswedan-tanah-dan-air-dari-seluruh-nusantara-dibawa-dengan-wadah-khas-daerah
Presiden Jokowi menyatukan tanah dan air dari 34 provinsi di titik nol Ibu Kota Negara Nusantara (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo satukan Tanah dan air dari 34 provinsi yang dibawa dan diserahkan oleh para gubernur di titik nol, Ibu Kota Negara Nusantara Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Tanah dan air tersebut, kemudian dimasukkan ke dalam bejana oleh Presiden Jokowi yang didampingi oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Berdasarkan pantauan KOMPAS TV, prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 Provinsi dimulai dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam prosesi ini ada juga pasukan Satria Nusantara yang menggunakan pakaian adat nasional membawa tanah dan air dari 34 provinsi yang akan di satukan di titik nol Ibu Kota Negara Nusantara.

Baca Juga: Anies Bawa Tanah dari Kampung Akuarium ke IKN, Ini Alasannya

Ada yang menarik dalam prosesi penyatuan tanah dan air, yakni semua wadah yang digunakan sesuai dengan kekhasan atau ciri identitas daerah-daerahnya masing.

Misal dari DKI Jakarta, wadah penempatan tanah menggunakan anyaman rotan yang dihias dengan boneka-boneka kecil menyerupai ondel-ondel dan kendi untuk airnya.

Selanjutnya Gubernur Aceh membawa tanah di wadah berlapis menyerupai emas, begitu pun dengan tempat untuk membawa airnya.

Lalu Gubernur Papua membawa tanah dengan tas anyaman khas daerahnya begitu pun dengan kendi yang digunakan untuk membawa air.

Gubernur selanjutnya dari Daerah Istimewa Yogyakarta, yang membawa tanah dari daerahnya menggunakan rotan dan air dengan wadah kendi berwarna hitam berbalut pita merah putih.

Baca Juga: KSP Dorong Kementerian ATR/BPN dan Kementerian LHK Verifikasi Status Tanah di IKN

Kemudian ada juga tanah dari Provinsi Sumatera Barat yang dibawa menggunakan tas dari anyaman dan wadah air menggunakan batang bambu.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman yang membawa tanah dan air menggunakan wadah yang dihias dengan mote-mote khas daerahnya.

Dalam kesempatan ini, tidak hanya seluruh Gubernur dari 34 provinsi yang hadir di titik nol Ibu Kota Nusantara.

Ada juga Ibu Iriana Jokowi yang mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut.

Kemudian ada juga Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Otorita IKN Bambang Soesantono dan Wakilnya Dhony Rahajoe.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x