Kompas TV nasional peristiwa

Anies Bawa Tanah dari Kampung Akuarium ke IKN, Ini Alasannya

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 09:48 WIB
anies-bawa-tanah-dari-kampung-akuarium-ke-ikn-ini-alasannya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa tanah Kampung Akuarium ke IKN Nusantara sebagai simbol pembangunan IKN di Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022) (Sumber: Dok. Facebook Anies Baswedan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, membawa tanah dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara, ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Minggu (13/3/22). 

Anies mengatakan alasan ia membawa tanah dari Kampung Akuarium ialah untuk menghadirkan harapan bahwa pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota ini tidak memarjinalkan rakyat kecil.

"Tanah dari Kampung Aquarium menghadirkan harapan bahwa pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota ini hendaknya tidak memarjinalkan rakyat kecil dan justru nyata-nyata akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi semua, khususnya rakyat kebanyakan," tulis Anies pada akun Instagramnya @aniesbaswedan, Minggu. 

Baca Juga: Dimulai dari Anies Baswedan, Tanah dan Air dari Seluruh Nusantara Dibawa dengan Wadah Khas Daerah

Menurut Anies, Indonesia memang digagas oleh kaum terdidik, tapi diperjuangkan dan dipertahankan oleh seluruh rakyat yang namanya tidak tertulis di buku sejarah. 

"Kembalinya kehidupan masyarakat di Kampung Aquarium menjadi simbol atas kembalinya kita kepada cita-cita dasar pendirian republik ini, yaitu untuk melindungi setiap tumpah darah dan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tulis Anies. 

Tanah dari Kampung Akuarium dia ambil pada Minggu pagi. Tanah tersebut dicangkul langsung oleh para ibu warga Kampung Akuarium.

"Tanah yang dicangkul oleh para Ibu ini diantarkan ke lahan yang kelak akan dibangun kota baru, yang kelak menjadi ibu kota, yang diharapkan jadi kota yang mencerminkan cita-cita mendasar atas republik ini," kata Anies. 

Baca Juga: Jokowi Disambut Langsung Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI saat Tiba di Titik Nol IKN

Diketahui, Presiden Joko Widodo memerintahkan setiap gubernur untuk membawa tanah dan air dari provinsinya masing-masing ke Kalimantan Timur sebagai simbol pembangunan IKN baru, Minggu kemarin.

Air dan tanah dari tiap provinsi nantinya akan dimasukkan ke dalam kendi bernama Kendi Nusantara yang terbuat dari tembaga.

Diketahui, Kampung Akuarium pernah digusur pada 2016 saat Jakarta dipimpin Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Penggusuran dilakukan untuk membangun sheet pile tanggul laut agar banjir rob tak lagi menggenangi sekitar kawasan tersebut.

Namun, Anies kembali membangun kampung tersebut dengan membuat kampung susun yang sudah ditempati warga sejak akhir 2021.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x