Kompas TV nasional update corona

Kapolri Ingatkan Warga Kurangi Mobilitas, Disiplin Prokes dan Ikut Vaksin untuk Cegah Covid-19

Kompas.tv - 26 Februari 2022, 17:00 WIB
kapolri-ingatkan-warga-kurangi-mobilitas-disiplin-prokes-dan-ikut-vaksin-untuk-cegah-covid-19
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat dalam sebuah kegiatan. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS. TV  - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo SIgit Prabowo mengingatkan pentingnya masyarakat untuk mengurangi mobilitas, disilin protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu demi mencegah laju penyebaran Covid-19.

“Bagi yang sudah vaksin lengkap tetap jaga prokes, gunakan masker itu harus selalu dilakukan dan kurangi mobilitas ini menjadi salah satu kunci untuk menahan agar transmisi penularan bisa kita kendalikan,” ujar Jenderal Sigit, di Pidie Aceh, Sabtu (26/2/2022).

Mantan Kabareskrim Polri ini menyatakan Indonesia telah bisa menangani laju penyebaran Covid-19 varian Delta. Menurutnya  dalam beberapa waktu tidak terjadi pertumbuhan.

Baca Juga: Kakorlantas Polri Tinjau Vaksinasi Di Gorontalo

Saat ini varian baru Omicron tengah menyebar, Sigit juga  meyakini Indonesia bisa melewati kasus varian Omicron itu dengan baik.

Namun kata Sigit, hal itu membutuhkan kerjasama seluruh pemangku kepentingan dan juga antusiasme masyarakat.

Dia mengatakan tingkat fatalitas Omicron, lebih rendah dibanding Delta. Meski demikian, tetap terjadi kematian khususnya di kalangan lansia, orang yang memiliki komorbid dan orang yang belum menerima vaksin lengkap.  

Baca Juga: Melebihi Batas Waktu, 5 Persen Warga Mengulang Vaksinasi Dosis Pertama

“Jadi ini tentunya jadi sasaran prioritas yang harus terus kita laksanakan," tutur Sigit.

Dia mengatakan vaksinasi penting untuk  memastikan masyarakat mendapatkan imunitas. Menurutnya vaksinasi booster sudah bisa dilakukan 3 bulan setelah mendapatkan dosis kedua, sesuai Surat Edaran Kemenkes.

"Saya mohon kepada rekan-rekan bantu sosialisasikan sehingga yang sudah tiga bulan vaksin dosis dua bisa datang ke gerai-gerai vaksin yang sudah disiapkan," ujar Sigit.

Baca Juga: Kapolri Instruksikan Anak Buahnya Segera Sediakan Tenda Pengungsi Korban Gempa Sumbar

Sigit juga menyampaikan percepatan vaksinasi sangat penting untuk mengurangi  fatalitas atau tingkat kematian.

Berdasarkan survei, vaksinasi dosis kedua bisa meningkatkan imunitas sampai dengan 67 persen dan dosis tiga bisa meningkatkan imunitas sampai 91 persen.

Adapun Kapolri berada di Kabupaten Pidie, Aceh pada Sabtu (26/2/2022) untuk meninjau akselerasi percepatan vaksinasi di Pidie Convention Center.

Dalam kegiatan ini, Sigit  terhubung secara virtual dengan 6.441 titik di 34 Provinsi yang juga melaksanakan vaksinasi.

"Alhamdulillah, kita baru saja melaksanakan kegiatan vaksinasi serentak. Hari ini kita hadir langsung pada  pelaksanaan di wilayah Pidie. Hari ini target Pidie 5 ribu vaksinasi. Secara umum giat vaksinasi Provinsi Aceh 67 ribu dosis. Nasional target 1,5 juta dosis," kata Sigit.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x