Kompas TV nasional peristiwa

Anies Sebut Pengerukan Kali Mampang Rampung, Warga Diminta Lapor Jika Lihat Sungai Mulai Dangkal

Kompas.tv - 21 Februari 2022, 11:42 WIB
anies-sebut-pengerukan-kali-mampang-rampung-warga-diminta-lapor-jika-lihat-sungai-mulai-dangkal
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam acara Transforming Transportation Conference: Climate-Centered Mobility for A Sustainable Recovery, Kamis (17/2/2022). (Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim Kali Mampang sudah rampung dikeruk, bahkan hingga 100 persen.

"Salah satu wilayah, yaitu Kali Mampang segmen Jalan Pondok Jaya X Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, pengerukan sudah 100 persen selesai," demikian kata Anies yang dikutip dari akun Instagram resminya @aniesbaswedan pada Senin (21/2/2022).

Baca Juga: Anies: Ada Sekitar 7.800 Ton Sampah Setiap Hari di Jakarta

Anies mengatakan pengerukan Kali Mampang rampung dengan melibatkan tiga alat berat yang terdiri atas dua amphibious mini dan satu ekskavator mini.

Anies menyebut pengerukan Kali Mampang selesai dikeruk setelah proses pengerjaan dilakukan selama hampir 3 bulan.

"Dengan target volume 733,5 meter kubik yang dikerjakan sejak 28 November 2021 sampai dengan 22 Januari 2022," ujat Anies.

Anies menjelaskan, pengerukan Kali Mampang merupakan bagian dari kegiatan gerebek lumpur yang dilaksanakan Dinas Sumber Daya Air (SDA).

Baca Juga: [TOP3NEWS] Anies Kali Mampang Selesai, Sinta Aulia ke RS Polri, Lapor Tindak Korupsi jadi Tersangka

Hal itu dipakukan guna memperluas daya tampung waduk, sungai, dan kali untuk menghadapi musim hujan.

Kegiatan gerebek lumpur, kata Anies, juga dilakukan oleh Dinas SDA sepanjang tahun.

"Bila teman-teman melihat ada sungai atau kali di lingkunganmu yang mulai dangkal atau penuh sampah silakan laporkan lewat (aplikasi) Jaki untuk segera ditangani," ucap Anies.

Sebelumnya diberitakan, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menuntaskan pengerukan Kali Mampang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x