Kompas TV nasional peristiwa

Anies: Ada Sekitar 7.800 Ton Sampah Setiap Hari di Jakarta

Kompas.tv - 21 Februari 2022, 10:30 WIB
anies-ada-sekitar-7-800-ton-sampah-setiap-hari-di-jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam acara Transforming Transportation Conference: Climate-Centered Mobility for A Sustainable Recovery, Kamis (17/2/2022). (Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengatakan, setiap harinya, ada sekitar 7.800 ton sampah di Jakarta. 

"Di Jakarta setiap hari ada sekitar 7.800 ton sampah setiap hari dan ini kemudian dikelola dengan proses yang kita semua sudah ketahui sirkularnya," kata Anies dalam acara Hari Peduli Sampah Nasional 2022 yang disiarkan daring, Senin (21/2/22). 

Anies berharap, Jakarta dapat menjadi kota di mana sampah residu dapat dikelola dengan baik. Tujuannya, kata dia, ialah Jakarta menjadi kota zero waste. 

Baca Juga: Sebut Gerebek Lumpur sebagai Kegiatan Rutin, Anies Ajak Warga Jakarta Ikut Berpartisipasi

Oleh karena itu, Anies menekankan, penting untuk masyarakat dapat mengelola residu yang ditinggalkan. 

"Pada saat kegiatan dikerjakan, bagaimana kita bisa mengurangi residu, dengan mengurangi residu otomatis kita akan bisa mengurangi sampah, dengan mengurangi sampah maka Insyaallah pengelolaannya menjadi lebih mudah," ujar dia. 

Anies berharap ini tidak hanya menjadi sebuah program namun dapat menjadi sebuah gerakan dan kebiasaan baru yang diterapkan oleh semua pihak.

"Ini merupakan gerakan, gerakan itu artinya kepemilikan atas masalah ada pada semua pihak dan semua pihak dipanggil untuk terlibat, terpanggil untuk berbuat, punya perasaan tanggung jawab," ujar dia. 

Baca Juga: PTUN Perintah Anies Keruk Kali Mampang, Pemprov DKI: Sudah 100 Persen Selesai!

Anies mengajak semua pihak untuk melakukan gerakan ini besama-sama dan ikut membangun kesadaran serta pembiasaan baru. 

"Bagaimana dilakukan pemilahan sampah sejak dari rumah, pengangkutan sampah sesuai dengan jenis, dan harapannya ini terus-menerus dibangun," kata dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x