Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Resmikan 4 Embung Bernilai Miliaran Rupiah di Jawa Tengah

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 17:58 WIB
jokowi-resmikan-4-embung-bernilai-miliaran-rupiah-di-jawa-tengah
Presiden Jokowi meresmikan empat embung di Jawa Tengah (Sumber: BPMI Setpres/Rusman)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meremikan empat embung di Jawa Tengah yang dipusatkan di Embung Bansari, Kabupaten Temanggung, Selasa (14/12/2021). 

Keempat embung tersebut merupakan bagian dari 66 embung yang dibangun pemerintah pada 2021 ini. 

"Pagi hari ini saya datang ke Kabupaten Temanggung untuk meresmikan empat embung yang telah kita bangun dari 66 embung yang kita bangun di tahun 2021,” kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan resminya, Selasa. 

Adapun empat embung tersebut yakni Embung Bansari yang ada di Kabupaten Temanggung, Embung Dukun dan Embung Pagergunung yang ada di Kabupaten Magelang, serta Embung Tlogoguwo yang ada di Kabupaten Purworejo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Surakarta ini berharap keberadaan embung-embung itu dapat memberikan sejumlah manfaat nyata bagi produktivitas pertanian, penyediaan air baku, hingga potensi pariwisata bagi masyarakat sekitar.

“Kita harapkan dengan telah siapnya embung-embung yang ada, produktivitas pertanian bisa lebih baik dan juga bisa juga airnya dipakai untuk air baku di rumah-rumah, serta untuk pariwisata masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), diketahui Embung Bansari memiliki kapasitas tampung 8.588 meter kubik dengan luas genangan 0,56 hektar dan dibangun dengan biaya Rp9,2 miliar.

Baca Juga: Petani Mengeluh Soal Impor Bawang, Jokowi Langsung Telepon Mendag

Sedangkan Embung Dukun memiliki kapasitas tampung 16.395 meter kubik dengan luas genangan 0,578 hektar dan dibangun dengan biaya Rp8,4 miliar.

Kemudian, Embung Pagergunung diketahui memiliki kapasitas tampung 7.500 meter kubik dengan luas genangan 0,32 hektar dan dibangun dengan biaya Rp4,2 miliar.

Terakhir, Embung Tlogoguwo diketahui memiliki kapasitas tampung 15.775 meter kubik dengan luas genangan 0,573 hektar dan dibangun dengan biaya Rp11,6 miliar.

Seperti diketahui, selain meresmikan empat embung, dalam kunjungannya ke Temanggung ini, Jokowi juga telah melakukan peninjauan lokasi lumbung pangan (food estate) yang ada di Desa Bansari, serta melakukan penanaman bawang merah bersama para petani dan masyarakat sekitar.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, setelahnya Jokowi bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Wonosobo untuk menyerahkan bantuan sosial kepada para pedagang kaki lima dan warung. 

Di kabupaten itu juga Jokowi akan meninjau lokasi lumbung pangan dan melakukan penanaman cabai bersama para petani dan masyarakat sekitar.

Selesai rangkaian kunjungan, Jokowi bersama rombongan akan lepas landas kembali ke Jakarta, melalui Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, dengan menggunakaan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Baca Juga: Tanam Bawang di Temanggung, Jokowi Wanti-wanti Harga Tidak Dipermainkan Tengkulak



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x