Kompas TV nasional berita utama

Tanam Bawang di Temanggung, Jokowi Wanti-wanti Harga Tidak Dipermainkan Tengkulak

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 13:35 WIB
tanam-bawang-di-temanggung-jokowi-wanti-wanti-harga-tidak-dipermainkan-tengkulak
Presiden Jokowi melakukan penanaman bawang merah bersama para petani di lahan seluas 339 hektar di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (14/12/2021) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo melakukan penanaman bawang merah bersama para petani di lahan seluas 339 hektar di Temanggung, Jawa Tengah.

Turut serta dalam penanaman bawang merah Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Temanggung.

“Kami bersama-sama melakukan penanaman bawang merah yang kita lakukan di Kabupaten Temanggung ada 339 hektar yang akan kita damping, didampingi oleh kementrian pertanian yang kita harapkan nanti produktivitasnya bisa meningkat dan juga yang paling penting juga disiapkan optiker yang membeli dari bawang merah yang telah kita tanam tadi,” kata Presiden Jokowi, Selasa (14/12/2021).

“Sehingga kepastian harga, kepastian yang membeli itu ada dan harga yang ada tidak di dipermainkan oleh para tengkulak,” tambahnya.

Baca Juga: Bertemu Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Jokowi Sampaikan Prioritas Indonesia di G20

Dalam keterangannya, Jokowi berharap dengan produktivitas yang semakin baik dan intervensi dibibit, pendapatan petani bawang akan meningkat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun berjanji akan memonitor perkembangan dari produktivitas bawang di Temanggung, pasca-panen.

“Karena kita dapat memastikan kalau nanti panen sudah terjadi berarti per hektar mendapatkan berapa ton, kemudian ongkos diproduksinya berapa, sehingga ketemu betul bahwa para petani memang mendapatkan keuntungan dari menanam bawang merah ini,” ucap Jokowi.

Setelahnya melakukan penanaman bawang merah di Temanggung, Presiden bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Wonosobo.

Baca Juga: Jokowi ke Jawa Tengah, Tinjau Lumbung Pangan dan Sejumlah Infrastruktur

Menurut Biro Pers, di Wonosobo, Jokowi akan menyerahkan bantuan sosial kepada para pedagang kaki lima dan warung, meninjau lokasi lumbung pangan lainnya, dan melakukan penanaman cabai bersama para petani dan masyarakat sekitar.

Selesai rangkaian kunjungan, mantan Walikota Solo itu bersama rombongan akan lepas landas kembali ke Jakarta, melalui Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Tengah antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, serta Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x