Kompas TV internasional kompas dunia

Maju Jadi Capres, Anak Kadhafi Masih Dicari Pengadilan Kriminal Internasional

Kompas.tv - 15 November 2021, 08:15 WIB
maju-jadi-capres-anak-kadhafi-masih-dicari-pengadilan-kriminal-internasional
Seif al-Islam (kiri) yang merupakan putera dari diktator Libya Moammar Kadhafi, mencalonkan diri sebagai Presiden Libya, Minggu, 14 November 2021. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

TRIPOLI, KOMPAS.TV - Putra dan mantan pewaris mendiang diktator Libya, Moammar Kadhafi, mengumumkan pencalonan dirinya dalam pemilihan presiden negara itu, Minggu (14/11/2021).

Seif al-Islam, yang resmi maju sebagai calon presiden Libya, hingga kini masih dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan terkait pemberontakan 2011.

Juru bicara ICC Fadi El Abdallah menolak mengomentari pencalonan Seif al-Islam sebagai Presiden Libya.

"Pengadilan tidak mengomentari masalah politik, karena dari sisi hukum ada surat perintah penangkapan yang tertunda dan itu tidak berubah," katanya seperti dikutip dari The Associated Press.

Seif al-Islam menyerahkan surat pencalonannya di kota Sabha, Libya. Hal ini diungkapkan oleh Komisi Pemilihan Nasional Tinggi Libya dalam sebuah pernyataan.

Putra Kadhafi tersebut pernah ditangkap oleh pejuang di kota Zintan akhir 2011, ketika terjadi pemberontakan rakyat yang didukung oleh NATO. Pemberontakan ini menggulingkan ayahnya setelah lebih dari 40 tahun berkuasa.

Moammar Kadhafi sendiri terbunuh pada Oktober 2011 di tengah pertempuran berikutnya yang kemudian berubah menjadi perang saudara.

Baca Juga: Sadis! Tentara Libya Tembak Mati Enam Imigran di Pusat Penahanan

Dalam sebuah video yang dibagikan oleh seorang pejabat pemilu, Seif al-Islam berbicara menghadap ke kamera, mengatakan bahwa Tuhan akan memutuskan jalan yang benar untuk masa depan negara itu. 

Pria 49 tahun yang meraih gelar PhD dari London School of Economics itu, mengenakan jubah tradisional Libya, sorban, dan kacamata. Ini adalah pertama kalinya dalam beberapa tahun dia muncul di depan umum.
Baca Juga: Saif al-Islam al-Gaddafi Resmi Calonkan Diri Jadi Presiden Libya pada Pemilu Bulan Depan

Seif merupakan putra kedua dari Kadhafi. Ia dipandang sebagai wajah reformis rezim Kadhafi sebelum pemberontakan 2011. Dia dibebaskan pada Juni 2017 setelah lebih dari lima tahun ditahan. 

Bulan Juli lalu, dia mengatakan kepada The New York Times dalam sebuah wawancara eksklusif bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai pejabat tinggi negara. Pencalonannya kemungkinan akan menimbulkan kontroversi di seluruh negara yang terpecah.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x