Kompas TV regional jawa timur

Menteri Koperasi dan UKM Buka PLUT UMKM Summit

Kompas.tv - 26 April 2024, 20:52 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Tiba di MCC tempat gelaran PLUT UMKM Summit, Teten melihat sejumlah karya anak anak muda kreatif di bidang digital dan UMKM. Dalam tinjauan ke Malang ini, Teten Masduki mengapresiasi adanya Malang Creative Center atau MCC yang bisa contoh wadah inkubasi industri kreatif dalam negeri.

Teten Masduki juga menyampaikan, untuk bisa berkembang menjadi negara berpendapatan tinggi perlu adanya pengusaha pengusaha muda dan memunculkan ekonomi baru dari umkm dan industri kreatif.

Menteri Koperasi dan UKM ini juga menyoroti adanya kendala umkm di indonesia yang belum terhubung dengan dunia industri. Selama ini UMKM berjalan sendiri. Hal tersebut berbeda dengan negara lain yang UMKM mereka bisa terhubung dengan industri sehingga skala produksi lebih besar. Hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah dalam mengembangkan ekonomi baru.

UMKM kita mandiri tidak terhubung dengan industri, karena itu dampaknya panjang, tidak bisa mengakses teknologi produksi modern, sulit pembiayaan dan pasar" Kata Teten, Jumat (26/04/2024). 

Melihat potensi UMKM di Indonesia, Menkop UKM juga berencana membuat rumah produksi skala kecil yang nantinya akan dikelola oleh koperasi.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x