Kompas TV internasional kompas dunia

Saif al-Islam al-Gaddafi Resmi Calonkan Diri Jadi Presiden Libya pada Pemilu Bulan Depan

Kompas.tv - 14 November 2021, 20:18 WIB
saif-al-islam-al-gaddafi-resmi-calonkan-diri-jadi-presiden-libya-pada-pemilu-bulan-depan
Saif al-Islam al-Gaddafi, anak mendiang pemimpin Libya Muammar, mencalonkan diri jadi presiden Libya pada pemilu Desember nanti (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

TRIPOLI, KOMPAS.TV - Putra mendiang diktator Libya Muammar Gaddafi pada Minggu (14/11/2021) mendaftarkan diri sebagai calon presiden dalam pemilihan presiden yang direncanakan Desember mendatang, di tengah sengketa aturan pemungutan suara pemilu yang diusulkan sebagai cara untuk mengakhiri satu dekade kekerasan.

Saif al-Islam al-Gaddafi, 49, muncul di foto media sosial dengan jubah dan sorban cokelat tradisional, berjanggut abu-abu dan kacamata, menandatangani dokumen di pusat pemilihan di kota Sebha di Libya Selatan. Seorang pejabat mengonfirmasi Saif telah resmi mendaftar.

Saif al-Islam al-Gaddafi adalah salah satu tokoh paling menonjol yang diperkirakan akan mencalonkan diri sebagai presiden, bersaing dengan komandan militer bagian timur Khalifa Haftar, PM Abdulhamid al-Dbeibah dan ketua parlemen Aguila Saleh.

Namun, terlepas dari dukungan publik dari sebagian besar faksi Libya dan kekuatan asing untuk pemilihan pada 24 Desember, pemungutan suara masih diragukan karena entitas yang bersaing memperebutkan aturan dan jadwal.

Sebuah konferensi besar di Paris pada hari Jumat setuju untuk memberikan sanksi kepada siapa pun yang mengganggu atau mencegah pemungutan suara, tetapi dengan waktu kurang dari enam minggu, masih belum ada kesepakatan tentang aturan untuk mengatur siapa yang dapat mencalonkan diri.

Sementara Saif kemungkinan akan memainkan nostalgia era damai sebelum pemberontakan dukungan NATO 2011 yang menyapu ayahnya dari kekuasaan dan mengantarkan satu dekade kekacauan dan kekerasan, para analis mengatakan dia mungkin tidak akan bisa membuktikan diri menjadi yang terdepan.

Baca Juga: Putera Mantan Presiden Libya Muammar Khadafi Dibebaskan, Dibantu Sejumlah Tokoh Senior

Saif al-Islam al-Gaddafi pada 25 September 2011. Anak mendiang pemimpin Libya Muammar, mencalonkan diri jadi presiden Libya pada pemilu Desember nanti. (Sumber: Associated Press)

Era Gaddafi masih dikenang oleh banyak orang Libya sebagai salah satu otokrat yang keras, sementara Saif al-Islam dan tokoh-tokoh rezim sebelumnya telah keluar dari kekuasaan begitu lama sehingga mereka mungkin merasa sulit untuk memobilisasi dukungan sebanyak saingan utama mereka.

Muammar al-Gaddafi ditangkap di luar kampung halamannya di Sirte oleh tentara oposisi pada Oktober 2011 dan akhirnya disiksa dengan keji lalu ditembak mati.

Putranya Saif al-Islam tetap menjadi rahasia bagi banyak orang Libya, setelah menghabiskan satu dekade terakhir dari pandangan publik sejak penangkapannya pada bulan yang sama oleh para pejuang dari wilayah pegunungan Zintan.

Saif memberikan wawancara kepada New York Times awal tahun ini, tetapi belum membuat penampilan publik berbicara langsung ke Libya.

Memperumit ambisi kepresidenannya, Saif Gaddafi diadili secara in absentia pada tahun 2015 oleh pengadilan Tripoli di mana ia muncul melalui tautan video dari Zintan, dan yang menjatuhkan hukuman mati atas kejahatan perang termasuk membunuh pengunjuk rasa selama pemberontakan 2011.

Dia kemungkinan akan menghadapi penangkapan atau bahaya lain jika dia muncul di depan umum di ibu kota Tripoli. Dia juga dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional.

Dididik di London School of Economics dan fasih berbahasa Inggris, Gaddafi pernah dilihat oleh banyak pemerintah sebagai wajah Libya yang dapat diterima dan ramah Barat, dan kemungkinan pewaris.

Tetapi ketika pemberontakan pecah pada tahun 2011 melawan pemerintahan lama ayahnya, Gaddafi segera memilih kesetiaan keluarga dan klan daripada banyak persahabatannya di Barat, mengatakan kepada televisi Reuters, “Kami berperang di sini di Libya; kita mati di sini di Libya."

 



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x