Kompas TV nasional peristiwa

Bamsoet Dukung Anies Gelar Formula E di Jakarta: Kebanggaan Besar Indonesia

Kompas.tv - 17 Oktober 2021, 08:04 WIB
bamsoet-dukung-anies-gelar-formula-e-di-jakarta-kebanggaan-besar-indonesia
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dukung gelaran Formula E di Jakarta, Sabtu (16/10/2021). (Sumber: Instagram @bambang.soesatyo)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi dan mendukung keputusan FIA menunjuk Jakarta sebagai tuan rumah balap Formula E yang akan digelar pada 4 Juni 2022. 

Bambang yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyatakan siap mendukung untuk menyukseskan gelaran Formula E di Jakarta. 

"Kebanggaan besar bagi Indonesia, keluarga besar IMI siap mensukseskan perhelatan internasional kedua kejuaraan bergengsi tersebut," ujar Bambang, mengutip dari laman instagramnya @bambang.soesatyo, Minggu (17/10/21). 

Ia mengatakan, perhelatan ini melengkapi agenda Indonesia menggelar kejuaraan balap internasional. 

Selain Formula E di Jakarta, Lombok juga terpilih menjadi tuan rumah World Super Bike Champinship 19-21 November 2021, Mini GP Februari 2021 dan MotoGP 2022, tepatnya pada 20 Maret 2022, di Sirkuit Internasional Mandalika.

Baca Juga: Anies Pastikan Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Formula E 4 Juni 2022 Meski Banyak Dikritik

Bambang mengatakan, penyelenggaraan Formula E sejalan dengan langkah Pemprov DKI Jakarta dan Presiden Jokowi dalam mewujudkan Jakarta Langit Biru dan udara yang bersih bagi masyarakat.

Adapuj Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya memastikan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera bersiap untuk menggelar ajang balap mobil listrik Formula E tahun depan. 

"Saya ingin sampaikan terima kasih, Jakarta menyambut baik bahwa sudah diumumkan kita menjadi tuan rumah dan kita akan bersiap untuk bulan Juni, tanggal 4, tahun 2022," kata Anies di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Sabtu (16/10/2021).

Terkait lokasi balap tersebut, Anies masih enggan memberi keterangan lebih lanjut.

Ia mengatakan, nantinya hal itu akan diumumkan oleh FEO Limited selaku penyelenggara Formula. FEO, katanya, juga sudah mengecek sejumlah alternatif lokasi.

"Sudah semuanya, sudah dikerjakan," ujar dia.

Diketahui, Jakarta resmi menjadi tuan rumah kompetisi balap mobil listrik ABB FIA Formula E 2022. Hal tersebut dikonfirmasi oleh FIA World Motor Sport Council pada Jumat (15/10/2021).

Alberto Longo, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Gelaran Jakarta E-Prix juga disebut Longo sejalan dengan niat Presiden Jokowi untuk mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan bakar fosil dan beralih pada energi ramah lingkungan.

"Untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Bambang. 

Baca Juga: Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E, PDIP Soroti Pelanggaran Aturan hingga Transparasi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x