Kompas TV olahraga sepak bola

Bawa Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U23, Rafael Struick Akui Dua Hal Ini jadi Penyebabnya

Kompas.tv - 26 April 2024, 10:00 WIB
bawa-indonesia-lolos-semifinal-piala-asia-u23-rafael-struick-akui-dua-hal-ini-jadi-penyebabnya
Penyerang Indonesia, Rafael Struick, menengadahkan kepala setalah gagal mencetak gol ketiga di pengujung babak pertama pada laga perempat final Piala Asia U23 2024 melawa Korea Selatan, Jumat dini hari tadi WIB (26/4/2024), di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. Rafael mencetak dua gol. Indonesia lolos ke semifinal. (Sumber: AFC via Kompas.id)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyerang tim nasional (Timnas) Indonesia U23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Korea Selatan U23 adalah buah kinerja tim.

Indonesia menciptakan sejarah langsung masuk semifinal Piala Asia U23 pada debutnya dengan menundukkan Korea Selatan lewat adu penalti 11-10 dalam pertandingan perempat final Piala Asia U23 2024, Jumat dini hari tadi WIB, (26/4).

"Luar biasa. Ini pertandingan yang sangat luar biasa. Tadi kita unggul tapi kemudian disamakan menjadi 2-2 dan akhirnya kita menang lewat adu penalti yang dramatis," kata Rafael Struick seusai pertandingan.

Baca Juga: Menanti Sejarah Baru Timnas U23 Indonesia di Olimpiade Paris 2024

"Saya pikir ini kemenangan berkat kerjasama seluruh tim. Termasuk pelatih, dan juga dukungan seluruh suporter Indonesia," tambah penyerang ADO Den Haag dari Liga Belanda tersebut.

Dalam pertandingan waktu normal, Struick mencetak dua gol pada menit ke-15 dan masa perpanjangan waktu babak pertama. 

Korea Selatan membalas melalui gol bunuh diri Komang Teguh pada menit ke-45 dan Jeong Sang-bin menit ke-84.

Bermain mendominasi sepanjang pertandingan, Garuda Muda gagal menambah gol ke gawang Pasukan Taegouk yang merupakan salah satu tim dengan pertahanan terbaik sepanjang fase grup dengan catatan belum kebobolan selama tiga pertandingan.

Indonesia semakin menggempur pertahanan lawan pada babak perpanjangan waktu, usai Korea Selatan yang bermain dengan menumpuk pemain di lini belakang karena hanya bermain dengan 10 pemain pasca Lee Young-Jun diusir dari lapangan karena melanggar Justin Hubner pada menit ke-70.

Baca Juga: Hasil Timnas U23 Indonesia vs Korea Selatan: Garuda ke Semifinal usai Lewati Adu Penalti

Dalam babak adu penalti, Indonesia memastikan langkah untuk semakin dekat menuju Olimpiade Paris 2024 usai sepakan penalti Arhan Pratama gagal dimentahkan penjaga gawang Baek Jong-bum.

Indonesia kini tengah menantikan calon lawan antara Uzbekistan atau Arab Saudi yang segera memainkan laga perempat finalnya Sabtu (27/4) dini hari WIB nanti.


 



Sumber : Antara, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x