Kompas TV lifestyle kesehatan

Guru Besar UGM: Tanaman Pegagan Mampu Perbaiki Daya Ingat Manusia

Kompas.tv - 26 April 2024, 09:52 WIB
guru-besar-ugm-tanaman-pegagan-mampu-perbaiki-daya-ingat-manusia
Tanaman herbal Centella asiatica atau lebih dikenal dengan nama pegagan. (Sumber: Nandha Kumar on Unsplash)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tanaman herbal Centella asiatica, atau lebih dikenal dengan nama pegagan, terbukti memiliki manfaat untuk menjaga dan memperbaiki daya ingat manusia.

Hal ini diungkapkan oleh Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada, Prof. Dwi Cahyani Ratna Sari.

Baca Juga: Mengenal Diet Tinggi Serat, Manfaat, dan Cara Melakukannya

"Secara umum, pegagan ini juga memperbaiki memori spasial pascastres melalui efek ansiolitik, dan kemampuannya dalam meningkatkan sintesis neurotransmitter, terutama dopamin, yang mendukung proses konsolidasi memori," jelas Dwi di Yogyakarta, Kamis (25/4/2024), dikutip dari Antara.

Menurut dia, salah satu terapi yang sedang dikembangkan untuk mengatasi defisit memori di hipokampus adalah menggunakan tanaman pegagan.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan, Cegah Sembelit hingga Kebotakan

Senyawa aktif dalam pegagan, seperti asam asiatik dan asiatikosida, diyakini dapat menembus sawar darah-otak, memengaruhi permeabilitas glukokortikoid, dan meningkatkan influx ion kalsium, yang berkemungkinan dapat memperbaiki proses daya ingat dengan mengoptimalkan fungsi neuron di hipokampus.

Hipokampus adalah struktur otak yang berukuran 5 cm dan menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini karena fungsinya sebagai pusat penting pembelajaran, konsolidasi memori, dan fungsi pemetaan kognitif.

Baca Juga: 5 Manfaat Menggunakan Moisturizer untuk Kulit Wajah

"Hipokampus rentan mengalami stres, sehingga pengaruh stres berkepanjangan pada hipokampus menjadi perhatian utama dalam bidang neurosains dan kesehatan mental," ungkap Dwi.

"Di tempat itu, memori jangka pendek dapat diolah menjadi ingatan jangka panjang dan disimpan pada korteks serebri melalui proses plastisitas sinaptik," tuturnya.

Dia berharap penelitian lebih lanjut dapat mengonfirmasi jalur kaskade pegagan dan titik tangkapnya di hipokampus, sehingga manfaat tanaman herbal ini untuk menjaga daya ingat manusia dapat dioptimalkan.


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x