Kompas TV nasional peristiwa

Anies Pastikan Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Formula E 4 Juni 2022 Meski Banyak Dikritik

Kompas.tv - 17 Oktober 2021, 06:39 WIB
anies-pastikan-pemprov-dki-jakarta-siap-gelar-formula-e-4-juni-2022-meski-banyak-dikritik
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan tanggpan baik terkait penetapan Ibu Kota sebagai tuan rumah Formula E 2022. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera bersiap untuk menggelar ajang balap mobil listrik Formula E tahun depan. 

"Saya ingin sampaikan terima kasih, Jakarta menyambut baik bahwa sudah diumumkan kita menjadi tuan rumah dan kita akan bersiap untuk bulan Juni, tanggal 4, tahun 2022," kata Anies di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Sabtu (16/10/2021).

Terkait lokasi balap tersebut, Anies masih enggan memberi keterangan lebih lanjut.

Ia mengatakan, nantinya hal itu akan diumumkan oleh FEO Limited selaku penyelenggara Formula. FEO, katanya, juga sudah mengecek sejumlah alternatif lokasi.

"Sudah semuanya, sudah dikerjakan," ujar dia.

Baca Juga: Sah! Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

Diketahui, Jakarta resmi menjadi tuan rumah kompetisi balap mobil listrik ABB FIA Formula E 2022. Hal tersebut dikonfirmasi oleh FIA World Motor Sport Council pada Jumat (15/10/2021). 

Melansir situs resmi FIA Formula E, akan ada 16 balapan yang tersaji selama musim ke-8 yang berlangsung di 16 lokasi, dari Diriyah, Berlin, Roma, New York, hingga Jakarta. 

Race pertama akan berlangsung di kota Diriyah, Arab Saudi mulai 28 Januari 2022 mendatang. Sementara Jakarta kebagian round 9 yang bakal diselenggarakan pada 4 Juni 2022. 

Alberto Longo, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Gelaran Jakarta E-Prix juga disebut Longo sejalan dengan niat Presiden Jokowi untuk mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan bakar fosil dan beralih pada energi ramah lingkungan. 

Baca Juga: Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E, PDIP Soroti Pelanggaran Aturan hingga Transparasi

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo, dikutip dari Antara. 

"Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial," tambahnya.

Belakangan rencana gelaran Formula E tersebut juga menuai kritik dari berbagai elemen masyarakat, termasuk dari sejumlah fraksi DPRD DKI Jakarta. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.