Kompas TV internasional kompas dunia

Sindir Crazy Rich Dunia, Pangeran William: Selamatkan Bumi Dulu, Baru Piknik ke Luar Angkasa

Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:19 WIB
sindir-crazy-rich-dunia-pangeran-william-selamatkan-bumi-dulu-baru-piknik-ke-luar-angkasa
Pangeran William, atau dikenal juga sebagai Duke of Cambridge, saat mengunjungi Garden House di Peterborough, Inggris, 16 Juli 2020. Pangeran William mengkritik sejumlah crazy rich dunia yang berlomba-lomba memenuhi ambisi piknik ke luar angkasa. (Sumber: AP Photo/Kirsty Wigglesworth, file)

LONDON, KOMPAS.TV – Pangeran William dari Inggris mengkritik sejumlah crazy rich alias orang-orang terkaya dunia yang menggunakan kekayaan mereka untuk mendanai wisata luar angkasa. Menurutnya, lebih baik kekayaan itu dimanfaatkan untuk memecahkan masalah di Planet Bumi.

Kritikan Pangeran William itu ditayangkan BBC sehari setelah mantan aktor Star Trek William Shatner (90) pergi ke luar angkasa. Menumpang roket bikinan pendiri Amazon Jeff Bezos, Shatner menjadi orang tertua yang terbang ke luar angkasa.

Pada Rabu (13/10/2021), pemeran Kapten James T Kirk dalam serial televisi Star Trek di tahun 1960an itu mengunjungi luar angkasa bersama Blue Origin, perusahaan perjalanan luar angkasa Bezos.

Miliarder Elon Musk dan Richard Branson juga saling berlomba mengucurkan dana dan sumber daya demi ambisi luar angkasa mereka.

Baca Juga: Bintang Star Trek William Shatner Jadi Orang Tertua yang Terbang ke Luar Angkasa

“Kita butuh otak dan pikiran terhebat dunia yang berfokus untuk upaya memperbaiki planet ini, dan bukannya untuk mencari tempat hidup selanjutnya,” sindir William, dilansir dari Associated Press, Kamis (14/10/2021).

Pewaris kedua tahta Inggris ini mengungkapkan kekhawatirannya akan dunia yang diwariskan pada anak-anaknya kelak.

Menurutnya, adalah sebuah bencana jika George, putra sulung yang disebutnya sangat sadar akan dampak sumber daya pada planet, harus kembali menyuarakan isu yang sama pada 30 tahun ke depan.

“Orang-orang muda jaman sekarang tumbuh dengan masa depan yang terancam sepanjang waktu,” ujar William, yang sepemikiran dengan Pangeran Charles sang ayah dan Pangeran Philip sang kakek yang kerap menyoroti masalah lingkungan sepanjang hidup mereka.

“Ini sangat mengerikan dan menggelisahkan.”

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19