Kompas TV internasional kompas dunia

Bintang Star Trek William Shatner Jadi Orang Tertua yang Terbang ke Luar Angkasa

Kamis, 14 Oktober 2021 | 12:08 WIB
bintang-star-trek-william-shatner-jadi-orang-tertua-yang-terbang-ke-luar-angkasa
Jeff Bezos menyambut William Shatner yang baru mendarat di Bumi, Rabu, 13 Oktober 2021. Shatner yang berusia 90 tahun menjadi orang tertua yang pernah terbang ke luar angkasa. (Sumber: Associated Press)

TEXAS, KOMPAS.TV - William Shatner, pemeran Kapten Kirk di serial “Star Trek” yang berusia sembilan puluh tahun, menjadi orang tertua yang pernah naik pesawat luar angkasa. Pada Rabu (13/10/2021), dia melakukan perjalanan ke tepi luar angkasa dan terjun kembali ke bumi.

Shatner meluncur di atas pesawat ruang angkasa New Shepard, yang dikembangkan oleh perusahaan roket milik Jeff Bezos, Blue Origin. Dengan pesawat yang sama, Bezos telah berpelesir ke ruang angkasa pada musim panas tahun ini.

Bezos yang merupakan penggemar berat "Star Trek", menerbangkan Shatner sebagai tamu wajib dalam perjalanan ini.

Shatner terbang bersama tiga awak lainnya, yaitu Chris Boshuize, yang merupakan salah satu pendiri perusahaan satelit Planet Labs dan eksekutif perangkat lunak Glen de Vries. Keduanya menaiki pesawat ini dengan berbayar. Satu awak lagi adalah Audrey Powers yang merupakan Wakil Presiden Operasi Misi dan Penerbangan Blue Origin.

Baca Juga: Rusia Lakukan Syuting Film Pertama di Luar Angkasa

Mereka meluncur ke ketinggian 107 kilometer di atas gurun di Texas Barat, dengan kapsul yang sepenuhnya otomatis. Kemudian mereka diterjunkan kembali dengan selamat ke Bumi. Penerbangan berlangsung selama kurang lebih 10 menit.

"Apa yang telah Anda berikan kepada saya adalah pengalaman paling mendalam," kata Shatner yang terlihat sangat gembira kepada Bezos. 

"Saya harap saya tidak akan pernah pulih dari ini. Saya harap saya akan dapat mempertahankan perasaan yang saya rasakan sekarang. Saya tidak ingin kehilangan rasa ini,” katanya seperti dikutip dari The Associated Press.

Dia mengatakan bahwa pergi menembus langit biru ke ruang yang sangat gelap adalah pengalaman yang mengharukan. "Dalam sekejap Anda pergi, 'Whoa, itu seperti kematian.' Itu yang saya lihat,” katanya.

"Ini adalah momen penting bagi kita semua untuk melihat Kapten James Tiberius Kirk pergi ke luar angkasa," kata komentator peluncuran Blue Origin, Jacki Cortese, sebelum lepas landas. Cortese mengatakan, “Star Trek” adalah serial yang menginspirasi orang lain untuk menjelajah luar angkasa.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:36
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19