Kompas TV internasional kompas dunia

Bintang Star Trek William Shatner Jadi Orang Tertua yang Terbang ke Luar Angkasa

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 12:08 WIB
bintang-star-trek-william-shatner-jadi-orang-tertua-yang-terbang-ke-luar-angkasa
Jeff Bezos menyambut William Shatner yang baru mendarat di Bumi, Rabu, 13 Oktober 2021. Shatner yang berusia 90 tahun menjadi orang tertua yang pernah terbang ke luar angkasa. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

TEXAS, KOMPAS.TV - William Shatner, pemeran Kapten Kirk di serial “Star Trek” yang berusia sembilan puluh tahun, menjadi orang tertua yang pernah naik pesawat luar angkasa. Pada Rabu (13/10/2021), dia melakukan perjalanan ke tepi luar angkasa dan terjun kembali ke bumi.

Shatner meluncur di atas pesawat ruang angkasa New Shepard, yang dikembangkan oleh perusahaan roket milik Jeff Bezos, Blue Origin. Dengan pesawat yang sama, Bezos telah berpelesir ke ruang angkasa pada musim panas tahun ini.

Bezos yang merupakan penggemar berat "Star Trek", menerbangkan Shatner sebagai tamu wajib dalam perjalanan ini.

Shatner terbang bersama tiga awak lainnya, yaitu Chris Boshuize, yang merupakan salah satu pendiri perusahaan satelit Planet Labs dan eksekutif perangkat lunak Glen de Vries. Keduanya menaiki pesawat ini dengan berbayar. Satu awak lagi adalah Audrey Powers yang merupakan Wakil Presiden Operasi Misi dan Penerbangan Blue Origin.

Baca Juga: Rusia Lakukan Syuting Film Pertama di Luar Angkasa

Mereka meluncur ke ketinggian 107 kilometer di atas gurun di Texas Barat, dengan kapsul yang sepenuhnya otomatis. Kemudian mereka diterjunkan kembali dengan selamat ke Bumi. Penerbangan berlangsung selama kurang lebih 10 menit.

"Apa yang telah Anda berikan kepada saya adalah pengalaman paling mendalam," kata Shatner yang terlihat sangat gembira kepada Bezos. 

"Saya harap saya tidak akan pernah pulih dari ini. Saya harap saya akan dapat mempertahankan perasaan yang saya rasakan sekarang. Saya tidak ingin kehilangan rasa ini,” katanya seperti dikutip dari The Associated Press.

Dia mengatakan bahwa pergi menembus langit biru ke ruang yang sangat gelap adalah pengalaman yang mengharukan. "Dalam sekejap Anda pergi, 'Whoa, itu seperti kematian.' Itu yang saya lihat,” katanya.

"Ini adalah momen penting bagi kita semua untuk melihat Kapten James Tiberius Kirk pergi ke luar angkasa," kata komentator peluncuran Blue Origin, Jacki Cortese, sebelum lepas landas. Cortese mengatakan, “Star Trek” adalah serial yang menginspirasi orang lain untuk menjelajah luar angkasa.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x