Kompas TV internasional kompas dunia

Pemilik Amazon Jeff Bezos Meluncur ke Luar Angkasa dengan Roketnya Sendiri, Blue Origin

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 23:04 WIB
pemilik-amazon-jeff-bezos-meluncur-ke-luar-angkasa-dengan-roketnya-sendiri-blue-origin
Roket New Shepard Blue Origin diluncurkan membawa penumpang Jeff Bezos, pendiri Amazon dan perusahaan pariwisata luar angkasa Blue Origin, saudara Mark Bezos, Oliver Daemen dan Wally Funk, dari pelabuhan antariksa dekat Van Horn, Texas, Selasa, 20 Juli 2021. (Sumber: AP Photo/Tony Gutierrez)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

 

VAN HORN, KOMPAS.TV — Orang terkaya di dunia Jeff Bezos meluncur ke luar angkasa, Selasa (20/7/2021) dalam penerbangan pertama roketnya yang membawa penumpang.

Ia pun menjadi miliarder kedua hanya dalam waktu seminggu yang mengendarai pesawat ruang angkasanya sendiri.

Dilansir dari Associated Press, Selasa, (20/7/2021), pendiri Amazon itu ditemani oleh kelompok yang dia pilih sendiri, saudara laki-lakinya, seorang berusia 18 tahun dari Belanda dan seorang perintis penerbangan berusia 82 tahun dari Texas — yang termuda dan tertua yang pernah terbang di luar angkasa.

"Hari terbaik yang pernah ada!" kata Bezos ketika kapsul itu kembali mendarat di bumi setelah mengangkasa selama 10 menit.

Roket peluncurnya dinamai New Shepard Blue Origin, diambil dari salah satu astronot pertama Amerika Serikat Alan Shepard. 

New Shepard Blue Origin meluncur dari Texas Barat persis pada peluncuran pertama roket Apollo 11 sekaligus peringatan 52 tahun pendaratan di bulan.

Tanggal peluncuran dipilih khusus oleh Jeff Bezos, dan dia berkeras untuk tetap meluncur pada hari ini bahkan ketika Richard Branson dari Virgin Galactic mendorong penerbangannya sendiri dari New Mexico dalam perlombaan untuk mendapatkan dolar turis luar angkasa dan mengalahkannya ke luar angkasa selama sembilan hari.

Tidak seperti pesawat roket yang dikemudikan Branson, wahana ruang angkasa Jeff Bezos sepenuhnya otomatis dan tidak memerlukan pilot untuk peluncuran dan pendaratan kembali.

Blue Origin mencapai ketinggian sekitar 106 kilometer diatas permukaan bumi, lebih tinggi 16 kilometer dari perjalanan Branson pada 11 Juli lalu.

Baca Juga: Setelah Taklukkan Dunia Lewat Amazon, Jeff Bezos Segera Memulai Petualangan Luar Angkasa

Roket New Shepard Blue Origin diluncurkan membawa penumpang Jeff Bezos, pendiri Amazon dan perusahaan pariwisata luar angkasa Blue Origin, saudara Mark Bezos, Oliver Daemen dan Wally Funk, dari pelabuhan antariksa dekat Van Horn, Texas, Selasa, 20 Juli 2021. (Sumber: Blue Origin via AP )

Roket pendorong setinggi 18 meter berakselerasi ke Mach 3 atau tiga kali kecepatan suara hingga ke ketinggian yang sudah ditetapkan untuk melepaskan kapsul luar angkasa, sebelum melepaskan diri dan kembali ke bumi dengan mendarat tegak.

Para penumpang memiliki beberapa menit dalam kondisi tanpa bobot dan mengapung di dalam kapsul putih yang cukup luas.

Kapsul luar angkasa itu kemudian meluncur kembali ke bumi menggunakan parasut, dimana Bezos dan tamu-tamunya secara singkat mengalami tekanan hampir enam kali gaya gravitasi, atau 6 G, dalam perjalanan kembali.

Dipimpin oleh Bezos, setelah mendarat mereka turun dari kapsul sambil tersenyum lebar, memeluk orang tua, pasangan, dan anak-anak, lalu membuka botol anggur bersoda, dan kemudian saling menyemprot.

Bezos berbagi petualangan ini dengan Wally Funk, salah satu dari 13 pilot wanita yang menjalani tes yang sama dengan korps astronot laki-laki NASA pada awal 1960-an tetapi tidak pernah berhasil ke luar angkasa karena diskriminasi gender yang masih terjadi saat itu.

Bergabung dengan mereka dalam perjalanan ke luar angkasa adalah, Oliver Daemen, remaja Belanda yang mengisi tempat di menit terakhir untuk pemenang misteri lelang 28 juta dollar yang memilih penerbangan selanjutnya.

Ayah remaja Belanda itu mengambil bagian dalam pelelangan, dan menyetujui harga yang lebih rendah yang dirahasiakan minggu lalu ketika Blue Origin menawari putranya kursi yang kosong.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x