Kompas TV internasional kompas dunia

Triliuner Dunia Richard Branson Terbang ke Luar Angkasa dengan Pesawat Sendiri

Kompas.tv - 12 Juli 2021, 03:05 WIB
triliuner-dunia-richard-branson-terbang-ke-luar-angkasa-dengan-pesawat-sendiri
Pesawat roket yang membawa pendiri Virgin Galactic Richard Branson dan awak lainnya lepas landas dari Spaceport America dekat Truth or Consequences, New Mexico, Minggu, 11 Juli 2021. (Sumber: AP Photo/Andres Leighton)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

TRUTH OR CONSEQUENCES, KOMPAS.TV — Pengusaha pemberani Richard Branson meluncur ke luar angkasa dengan kapal roket bersayap milik sendiri hari Minggu, (11/07/2021) dalam petualangannya yang paling berani, mengalahkan sesama miliarder Jeff Bezos.

Seperti dilansir dari Associated Press, Branson yang berusia hampir 71 tahun bersama lima awak dari perusahaan pariwisata ruang angkasa Virgin Galactic-nya mencapai ketinggian sekitar 88 kilometer di atas gurun New Mexico, cukup untuk mengalami tiga hingga empat menit keadaan tanpa bobot dan melihat kelengkungan Bumi, dan kemudian dengan aman meluncur kembali ke landasan pacu.

“Tujuh belas tahun kerja keras untuk membawa kita sejauh ini,” kata Branson yang gembira sambil memberi selamat kepada timnya dalam perjalanan kembali.

Branson menjadi orang pertama yang meluncur di pesawat ruang angkasanya sendiri, lebih dulu dari Jeff Bezos sembilan hari. Dia juga menjadi septuagenarian kedua yang berangkat ke luar angkasa. (John Glenn terbang dengan pesawat ulang-alik pada usia 77 tahun 1998.)

Baca Juga: Penampakan Pesawat Virgin Galactic Tembus Atmosfer: Penerbangan Pertama Manusia ke Luar Angkasa

VSS Unity pada penerbangan supersonik keduanya. Setelah mencapai hampir 15.000 meter, VSS Unity akan dilepaskan dari pesawat yang dirancang khusus Mothership Eve, dan jatuh sejenak sebelum motor roketnya menyala untuk mengirim pesawat itu pada pendakian curam menuju ruang angkasa. (Sumber: Virgin Galactic via AP Photo)

Dengan sekitar 500 orang menonton, termasuk istri Branson, anak-anak dan cucu, sebuah pesawat kembar dengan pesawat luar angkasa terpasang di bawahnya lepas landas pada tahap pertama penerbangan.

Pesawat ruang angkasa kemudian terlepas dari kapal induk pada ketinggian sekitar 13 kilometer dan menyalakan mesinnya untuk mencapai tepian ruang angkasa.

Seluruh penerbangan naik dan turun di atas kapal putih ramping, bernama Unity, hanya memakan waktu kurang dari 15 menit.

Virgin Galactic melakukan tiga penerbangan uji sebelumnya ke luar angkasa dengan hanya dua atau tiga awak.

Pendiri Virgin Atlantic Airways kelahiran London yang flamboyan itu seharusnya tidak terbang sampai akhir musim panas ini.

Tapi dia menugaskan dirinya sendiri untuk penerbangan saat ini setelah Jeff Bezos mengumumkan rencana untuk mengendarai roketnya sendiri ke luar angkasa dari Texas pada 20 Juli, dalam peringatan 52 tahun pendaratan Apollo 11 di bulan.

Baca Juga: Heboh! Seseorang Bayar 28 Juta Dollar Dalam Lelang Amal Ikut Jeff Bezos ke Luar Angkasa Juli Nanti

Tamu-tamu istimewa mengobrol sambil menunggu peluncuran pendiri Virgin Galactic Richard Branson ke luar angkasa dengan kapal roketnya sendiri di dekat Truth or Consequences, New Mexico, Minggu, 11 Juli 2021. (Sumber: AP Photo/Andres Leighton)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.