Kompas TV nasional politik

Arteria Dahlan: Memang Bisa Pakai Baliho Popularitas dan Elektabilitas Naik? Enggak!

Kompas.tv - 14 Agustus 2021, 00:40 WIB
arteria-dahlan-memang-bisa-pakai-baliho-popularitas-dan-elektabilitas-naik-enggak
Baliho Puan Maharani yang terpasang di sejumlah titik di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan meyakini jika pemasangan baliho tidak akan mendongkrak elektabilitas.

Seperti diketahui, belakangan ini ada beberapa partai politik yang menggunakan baliho untuk menunjukkan eksistensi partai politiknya maupun elitenya di sejumlah daerah.

“Memang bisa pakai baliho popularitas naik, enggak! Saya ini orang politik, pakai baliho itu enggak mungkin elektabilitas naik, teori dari mana, ahli komunikasi politik dari mana?” kata Arteria Dahlan di Kompas TV, Jumat (13/8/2021).

Arteria lebih lanjut mengimbau semua pihak untuk tidak berprasangka apalagi berburuk sangka dengan baliho yang dipasang oleh PDIP dan menampilkan Puan Maharani.

Arteria menegaskan, PDIP tidak memasang baliho untuk meningkatkan elektabilitas maupun popularitas di 2024.

Baca Juga: Sebar Baliho Berwajah Puan Maharani, PDIP: Tidak Ditujukan untuk Kepentingan Elektoral

“Baliho ini untuk kepentingan strategis partai dengan segala makna dan pengertiannya, ini alasannya. Tidak ada sama sekali pasang baliho untuk meningkatkan elektabilitas apalagi bicara meningkatkan popularitas,” ujarnya.

Arteria Dahlan menambahkan, baliho yang dipasang oleh partainya bukanlah sesuatu hal baru tetapi sudah lama dilakukan.

Atas dasar itu, Arteria pun mengaku menyesalkan adanya anggapan-anggapan miring soal pemasangan baliho dengan mengkaitkan pada situasi pandemi Covid-19.

“Coba dong dicek, kita main by data lah, baliho dipasang ini sudah lama, ya kan. Enggak baru, karena yang satu masang, yang satu masang, jadinya banyak, ini juga spontanitas enggak disuruh-suruh, makanya macam-macam modelnya juga kaya begitu,” jelasnya.

“Kalau ditanya kepentingannya apa, tanya sama yang masang, tanya sama kami-kami ini, jangan memprediksi, jangan berasumsi, jangan merasa benar sendiri.”

Baca Juga: Pengamat: Parpol yang Pasang Baliho Tidak Yakin Popularitas dan Elektabilitas Figur

Seperti diketahui, saat ini sejumlah partai politik memang terlihat tengah menunjukkan wajah-wajah elite atau pemimpin parpolnya melalui baliho di sejumlah daerah. Ada yang membantah, tidak mengaku, hingga terang-terangan baliho yang dipasang diperuntukkan bagi Pilpres 2024.

Tapi pendapat publik, memasang baliho di tengah situasi pandemi Covid-19 merupakan hal yang tidak tepat. Sebab bagi publik, biaya memasang baliho lebih berguna jika diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x