Kompas TV internasional kompas dunia

Presenter CNN Chris Cuomo Terlibat Sumbang Saran dalam Kasus Pelecehan Seksual Gubernur New York

Kompas.tv - 4 Agustus 2021, 17:22 WIB
presenter-cnn-chris-cuomo-terlibat-sumbang-saran-dalam-kasus-pelecehan-seksual-gubernur-new-york
Presenter CNN Chris Cuomo saat menghadiri acara tahunan CNN Heroes ke-12 pada 8 Desember 2018. Laporan Jaksa Agung New York pada Selasa (3/8/2021) menyebut, Chris tampaknya telah memberikan saran atas komentar yang sebaiknya dikatakan untuk menanggapi tuduhan pelecehan seksual yang ditujukan pada kakaknya, Gubernur New York Andrew Cuomo. (Sumber: Evan Agostini/Invision/AP, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

NEW YORK, KOMPAS.TV – Penyiar televisi CNN Chris Cuomo tampaknya memberikan sumbang saran dalam pernyataan yang dilontarkan oleh Gubernur New York Andrew Cuomo terkait tudingan pelecehan seksual yang ditujukan padanya. Hal itu terungkap dalam laporan hasil investigasi yang diumumkan oleh jaksa agung pada Selasa (3/8/2021).

Melansir Associated Press pada Rabu (4/8/2021), sosok presenter CNN itu bersaksi di hadapan para penyelidik terkait perilaku kakaknya, Andrew Cuomo. Nama Chris Cuomo muncul 4 kali dalam laporan setebal 165 halaman yang dikeluarkan oleh Jaksa Agung New York Letitia James. Chris, dalam laporan itu, disebut sebagai satu dari beberapa penasihat luar yang “secara teratur diberikan informasi rahasia dan sering kali istimewa” yang berdampak pada pemerintah, meskipun tak memiliki “peran formal, tugas atau kewajiban pada Negara Bagian”.

Baca Juga: Didesak Biden untuk Mundur, Cuomo Bantah Lakukan Pelecehan Seksual

Laporan itu juga menyertakan lampiran salinan surat elektronik (surel) yang dikirim pada 27 Februari 2021 oleh Chris Cuomo pada para penasihat kakaknya terkait pernyataan publik yang disarankan, yang menyebut bahwa gubernur tidak pernah bermaksud menyinggung siapa pun atau menyebabkan kerugian dengan perilakunya. Tidak dijelaskan apakah Chris Cuomo telah menyusun pernyataan itu sendiri atau bereaksi terhadap saran orang lain.

Dalam surel itu, disarankan agar Andrew Cuomo mengatakan “Terkadang saya main-main dan membuat lelucon. Satu-satunya keinginan saya adalah menambah candaan pada urusan yang sangat serius itu.”

Saat membawakan acara pada Selasa (3/8/2021) malam, Chris Cuomo tidak menyinggung apa pun terkait kasus kakaknya. Namun, teks berjalan di bawah layar CNN menjabarkan kasus itu saat Chris Cuomo menyerahkan program selanjutnya pada presenter CNN lainnya, Don Lemon, pada pukul 10 malam waktu setempat. Lemon mengangkat laporan jaksa agung terhadap Andrew Cuomo sebagai materi utama acaranya.

Baca Juga: Gubernur New York Andrew Cuomo Terbukti Lecehkan Banyak Perempuan

Laporan yang dikeluarkan oleh Jaksa Agung James pada Selasa (3/8/2021) itu menuduh sang gubernur telah melakukan pelecehan seksual terhadap 11 perempuan di dalam dan luar pemerintahan negara bagian New York.

Pada awal tahun ini, CNN menyatakan bahwa Chris Cuomo bertindak tak pantas menyusul sebuah laporan yang diturunkan di The Washington Post bahwa ia telah berpartisipasi dalam panggilan strategis dengan para penasihat kakaknya.

Juru bicara Andrew Cuomo, Rich Azzopardi menggambarkan kelompok penasihat Cuomo, yang melakukan pertemuan secara berkala, sebagai “orang-orang yang telah lama bersama kami yang dapat kami percaya.”

Baca Juga: Gubernur New York Tersandung Kasus, Asistennya Mengaku Alami Pelecehan Seksual

Dalam sejumlah pernyataan sebelumnya, CNN menyebut bahwa Chris Cuomo tidak terlibat dalam peliputan CNN atas kasus tuduhan pecehan seksual yang dilakukan oleh kakaknya. Jaringan televisi itu turut meliput konferensi pers pengumuman laporan jaksa agung pada Selasa (3/8/2021) dan membahas kasus itu secara ekstensif setelahnya.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x