Kompas TV internasional kompas dunia

Didesak Biden untuk Mundur, Cuomo Bantah Lakukan Pelecehan Seksual

Rabu, 4 Agustus 2021 | 13:30 WIB
didesak-biden-untuk-mundur-cuomo-bantah-lakukan-pelecehan-seksual
Gubernur New York Andrew Cuomo saat berbicara dalam konferensi pers di Stadion Yankee, New York, Amerika Serikat, Senin (26/7/2021). (Sumber: AP Photo/Richard Drew, File)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan, Gubernur New York Andrew Cuomo harus mengundurkan diri. Pernyataan ini dilontarkan Biden setelah penyelidikan menemukan bahwa Cuomo telah melakukan pelecehan seksual pada 11 perempuan di dalam dan luar pemerintahan negara bagian itu.

Melansir Associated Press, Biden dilaporkan mengatakan pada para wartawan pada Selasa (3/8/2021), “Saya pikir dia harus mundur.”

Baca Juga: Gubernur New York Andrew Cuomo Terbukti Lecehkan Banyak Perempuan

Kendati menyambut baik penyelidikan terhadapnya, namun Cuomo membantah telah melakukan pelecehan seksual seperti yang dituduhkan padanya.

“Persidangan oleh media, atau tinjauan yang bias, dalam hal ini bukan merupakan jalan menemukan fakta. Saya menyambut baik kesempatan peninjauan yang menyeluruh dan adil di hadapan hakim dan juri karena ini tidak terjadi begitu saja,” kata Cuomo dalam tanggapan yang sudah direkam sebelumnya.

“Ada pula komplain lain yang ingin saya tujukan pada seorang perempuan di kantor saya yang bilang saya merabanya di kantor saya. Saya jelaskan: itu tidak pernah terjadi,” ujar Cuomo.

Cuomo juga meminta maaf pada dua penuduhnya, yakni mantan stafnya Charlotte Bennett dan seorang perempuan yang ia cium saat menghadiri sebuah pesta pernikahan. Cuomo menyatakan ia mempekerjakan seorang ahli untuk mereformasi pelatihan menghadapi pelecehan seksual bagi karyawan negara bagian, termasuk sang gubernur.

Baca Juga: Joe Biden Marah, Minta Gubernur Andrew Cuomo Mundur Karena Skandal Pelecehan Seks

Cuomo juga membantah sejumlah tuduhan lain dan mengecam proses investigasi, dan menyebutnya “penuh dengan politik dan bias”.

Menurut Cuomo, sepanjang hidupnya, dia telah secara fisik merangkul orang-orang, dan ibu dan ayahnya – mantan Gubernur Mario Cuomo – pun telah melakukan hal yang sama. Gerakan itu, tekan Cuomo, dimaksudkan untuk “menyampaikan kehangatan”.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Politik

PPP Tak Sreg dengan Usulan Pemilu 15 Mei 2024

Selasa, 28 September 2021 | 13:59 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19