Kompas TV nasional agama

Hanya 60.000 Orang di Seluruh Dunia yang Diizinkan Arab Saudi untuk Laksanakan Ibadah Haji Tahun Ini

Kompas.tv - 24 Mei 2021, 01:30 WIB
hanya-60-000-orang-di-seluruh-dunia-yang-diizinkan-arab-saudi-untuk-laksanakan-ibadah-haji-tahun-ini
Calon jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 6 memasuki Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (18/7/2018). Sebanyak 24.524 calon jemaah haji dan 315 petugas akan diberangkatkan dari Asrama Haji embarkasi Jakarta (Sumber: MAULANA MAHARDHIKA )
Penulis : Gading Persada

ARAB SAUDI, KOMPAS.TV- Pemerintah Arab Saudi terpaksa membatasi jumlah orang yang akan beribadah haji pada tahun 2021 ini lantaran masih terjadinya pandemi Covid-19. Setidaknya hanya 60.000 orang di seluruh dunia yang dizinkan Arab Saudi untuk melaksanakan haji pada tahun ini.

Perwakilan Khusus perdana menteri tentang Kerukunan Umat Beragama Pakistan, Maulana Tahir Ashrafi mengkonfirmasi Arab Saudi telah mengizinkan haji untuk 60.000 orang dari seluruh dunia termasuk Pakistan.

Allama Tahir Ashrafi mengatakan pemerintah Arab Saudi mengatur agar orang-orang di bawah usia 18 tahun dan di atas usia 60 tahun tidak dapat menunaikan ibadah haji.

Baca Juga: Kepastian Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia Masih Menunggu Izin Pemerintah Arab Saudi

“Jemaah juga harus menjalani karantina di Arab Saudi selama 3 hari dengan syarat sudah menerima vaksin corona,” tulis keterangan tersebut seperti dilansir stasiun televisi Pakistan, AAJ TV, Minggu (23/5/2021).

Di sisi lain, Pakistan telah mengusulkan kepada Arab Saudi untuk memasukkan beberapa vaksin Covid-19 buatan China yang disetujui dalam daftar suntikan vaksin yang diterima oleh pemerintah Riyadh untuk pengunjung dan peziarah.

Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan jamaah umrah dari luar negeri wajib menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 dari negara masing-masing.

Hal ini dinyatakan juru bicara kementerian, Eng Hisham Saeed, seperti dilansir Saudi Gazette, Selasa (20/4/2021).

Baca Juga: Klaster Bukber di Solo, 16 Warga Positif Covid-19 Jalani Karantina di Asrama Haji Donohudan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x