Kompas TV nasional agama

Kepastian Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia Masih Menunggu Izin Pemerintah Arab Saudi

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 09:54 WIB
kepastian-pemberangkatan-jemaah-haji-indonesia-masih-menunggu-izin-pemerintah-arab-saudi
Sebanyak 278 jemaah haji tercatat mengajukan pengembalian setoran pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji 1441H/2020M (Sumber: Agung Pribadi)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat ini belum ada kepastian mengenai pemberangkatan haji bagi jemaah asal Indonesia. Masih menunggu izin dari kerajaan Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi VIII DPR RI, M. Husni melalui keterangan tertulisnya, Kamis (20/5/2021).

Ia mengatakan, kepastian ibadah haji tahun ini masih dibahas bersama Kementerian Agama. Kalaupun diizinkan oleh Pemerintah Arab Saudi, kuotanya juga akan terbatas. 

"Mungkin hanya 30 persen, tentunya juga akan diwajibkan menggunakan alat pelindung diri dan protokol kesehatan yang ketat," kata Husni melalui keterangan tertulisnya, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga: Arab Saudi Akan Buka Kembali Ibadah Haji dan Umrah Tahun 2021

Rencana kuota 30 persen tersebut akan diprioritaskan kepada jemaah yang gagal berangkat pada tahun sebelumnya akibat pandemi.

"Rencananya hanya 30 persen jemaah haji saja yang berangkat tidak full, namun harus diingat juga kuota ini akan diberikan kepada jemaah yang gagal berangkat pada tahun sebelumnya akibat pandemi," jelasnya.

Husni berharap otoritas Arab Saudi memberikan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2021 ini kepada jemaah asal Indonesia. Ia mengatakan pemerintah bersama DPR RI akan terus mengupayakan agar haji tahun ini dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.

"Kita sudah siap dengan segala keputusan yang diberikan otoritas Arab Saudi, DPR bersama dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama sudah siap apabila haji tahun ini dilaksanakan mulai dari sisi anggaran, transportasi, konsumsi dan lain-lainnya," terangnya.

Pemerintah Arab Saudi sebenarnya telah mengumumkan akan segera menyelenggarakan ibadah haji tahun 2021 yang sempat tertunda pada tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Akan Buka Ibadah Haji Tahun Ini 

Sebelumnya, Juru bicara Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab menyampaikan Pemerintah Arab Saudi akan kembali menyelenggarakan ibadah haji pada tahun 2021 dengan mengikuti protokol Covid-19 yang ketat.

"Kita tentu bersyukur dengan pengumuman dari Saudi bahwa tahun ini ada penyelenggaraan haji," ujar Khoirizi dikutip dari laman Kemenag, Senin (10/5/2021).

Meskipun begitu, Khoirizi mengaku masih menanti penjelasan terkait rencana operasional penyelenggaraan haji.

"Kita tentu bersyukur dengan pengumuman dari Saudi bahwa tahun ini ada penyelenggaraan haji. Namun, Saudi baru memastikan adanya penyelenggaraan haji, belum mengumumkan rencana operasionalnya," tegas Khoirizi.

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Pastikan Ibadah Haji Bisa Dilakukan Tahun Ini dengan Sejumlah Aturan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x