Kompas TV regional berita daerah

2 Pekerja Migran Indonesia asal Jember dan Sampang Terinfeksi Covid Varian Baru

Selasa, 18 Mei 2021 | 20:59 WIB

SURABAYA, KOMPAS.TV - Rumah sakit lapangan Indrapura Surabaya Jawa Timur merawat 2 pasien positif virus corona dengan varian baru, yang dibawa oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negeri.

2 varian itu yakni varian virus B 117 strain United Kingdom dan B1.351 strain Afrika Selatan. Saat ini kedua pasien yang berasal dari Jawa Timur itu menjalani isolasi terpisah dari pasien lainnya.

2 varian baru virus korona atau mutasi dari virus corona ternyata telah masuk di Jawa Timur. Mutasi virus corona itu terdeteksi pada 2 pasien positif korona yang merupakan Pekerja Migran Indonesia. 2 pasien itu berasal dari Kabupaten Sampang dan Jember.

Penemuan mutasi korona itu didapatkan setelah petugas melakukan Genome Sequencing terhadap 78 orang PMI yang dinyatakan positif Covid-19. Hasilnya cukup mengejutkan, yakni didapatkan 76 orang terinfeksi virus lama dan yang 2 orang terinfeksi mutasi virus corona.

Penanggung jawab RS Lapangan Indrapura Surabaya, dr. I.D.G. Nalendra Djaya Iswara mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah merawat 2 pasien korona jenis baru dengan perlakuan khusus. Kedua pasien dirawat di tempat berbeda dan diisolasi di tempat khusus. 

"Kondisi kedua pasien saat ini dalam kondisi baik," dikatakan Nalendra pada Selasa (18/05/2021). 

Baca Juga: Pekerja Migran yang Baru Datang dari Malaysia Menolak Karantina

Sementara itu, spesialis patologi klinis, dr. Fauqa Arinil Aulia mengatakan bahwa tidak semuanya sampel virus akan diteliti dengan metode Genome Sequencing untuk mendeteksi mutasi virus.

"Sampel virus yang diteliti dengan metode itu harus memenuhi beberapa syarat khusus, seperti virus berasal dari orang yang baru bepergian dari luar negeri, virus berasal dari daerah dengan tingkat penularan luar biasa, dan secara medis CT Value saat tes swab hanya mencapai 25 saja," ujar Aulia. 

 

#VirusCorona #Covid-19 #PekerjaMigran #MutasiVirus #VarianBaru

 

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:41
POSITIF TERINFEKSI COVID-19, JOÃO CANCELO ABSEN BELA PORTUGAL DI PIALA EROPA 2020   PRESIDEN AS JOE BIDEN DUKUNG PERGELARAN OLIMPIADE TOKYO 2020 SAAT KTT NEGARA G7 BERLANGSUNG   PEMERINTAH TIONGKOK HUKUM 27 PEJABAT PASCA-INSIDEN KEMATIAN 21 PESERTA DI LOMBA ULTRAMARATHON 100 KM   JEMBATAN BAMBU PENGHUBUNG DUA DESA DI CIANJUR, JAWA BARAT, HANYUT AKIBAT LUAPAN SUNGAI CISADEA   POLISI TANGKAP 5 PELAKU PEMALSU TIKET DERMAGA EKSEKUTIF DI PELABUHAN MERAK, BANTEN   SATGAS COVID-19: PEMBATASAN KEGIATAN HAJATAN DAN WISATA RELIGI MENJADI SALAH SATU STRATEGI HADAPI PANDEMI   SATGAS COVID-19 MINTA WARGA BANYUWANGI TETAP TERAPKAN PROKES MESKI SUDAH DIVAKSIN   GUBERNUR GANJAR PRANOWO INSTRUKSIKAN BUPATI DAN WALI KOTA DI JAWA TENGAH TINGKATKAN PELACAKAN DAN TES PCR   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA MASYARAKAT WASPADAI VARIAN BARU VIRUS KORONA   WALI KOTA BANDUNG ODED M DANIAL: 56% PASIEN COVID-19 DI RS BANDUNG BERASAL DARI LUAR KOTA   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: APABILA COVID-19 TIDAK TERKENDALI SEKARANG, DKI AKAN MASUK FASE GENTING   RSD WISMA ATLET TAMBAH 2.000 TEMPAT TIDUR ANTISIPASI LONJAKAN PASIEN COVID-19   POLISI TANGKAP SATU ORANG PETUGAS PJLP SUDIN PERTAMANAN DAN HUTAN KOTA DKI JAKARTA YANG LAKUKAN PENJAMBRETAN   POLISI SITA BARANG BUKTI GANJA DARI MUSISI ANJI SAAT DITANGKAP DI KAWASAN CIBUBUR, JAKARTA TIMUR