Kompas TV regional berita daerah

Pekerja Migran yang Baru Datang dari Malaysia Menolak Karantina

Selasa, 4 Mei 2021 | 16:25 WIB

SUMENEP, KOMPAS.TV - Puluhan Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia menolak karantina selama 3 hari saat tiba di daerah asal Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Mereka beralasan bebas Covid-19 berdasarkan hasil tes swab.

Perwakilan 20 Pekerja Migran Indonesia asal Kabupaten Sumenep Jawa Timur menolak kebijakan karantina selama 3 hari di Rumah Isolasi Covid-19 atau RIDC di Desa Batuan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep.

Baca Juga: 200 Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kepulauan Riau

Salah satu PMI, Ahmad Jamali mengaku para PMI menolak karena tidak ada sosialisasi karantina di Kabupaten. Mereka juga berdalih bebas Covid-19, karena sudah 4 kali menjalani test swab di Malaysia dan di Surabaya.

Selain itu, 27 PMI yang tiba satu hari sebelumnya diperbolehkan pulang tanpa menjalani karantina 3 hari.
Dokter jaga rumah isolasi, dr. Tan A. Sukrisno mengaku penolakan itu muncul karena dipicu sosialisasi yang kurang baik. Petugas medis meminta pemerintah untuk mensosialisasikan karantina di Kabupaten sejak kedatangan PMI di Surabaya.

Karena gagal dibujuk oleh pihak TNI dan Polri, 20 PMI akhirnya diperbolehkan pulang.

 

#PekerjaMigranIndonesia #Karantina #Covid-19 #Malaysia #Sumenep #TesSwab

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:24
OTORITAS KESEHATAN INGGRIS (PHE) SEBUT VAKSIN PFIZER DAN ASTRAZENECA EFEKTIF CEGAH COVID-19 VARIAN INDIA   KOMITE OLIMPIADE INTERNASIONAL (IOC) SEBUT TARGET VAKSINASI ADALAH 80% SEBELUM OLIMPIADE TOKYO 2020 DIMULAI   BIN SEBUT RADIKALISME, SEPARATISME DI PAPUA, HINGGA SERANGAN SIBER JADI ANCAMAN NASIONAL   BADAN INTELIJEN NEGARA (BIN): 85% GENERASI MILENIAL DI INDONESIA RENTAN TERPAPAR RADIKALISME   PT PELINDO II: MASYARAKAT BISA LAPORKAN PUNGLI DI TANJUNG PRIOK DENGAN MENGHUBUNGI 08119511665   POLISI TANGKAP 3.823 ORANG YANG TERLIBAT PUNGUTAN LIAR DAN PREMANISME DI SEJUMLAH WILAYAH INDONESIA   PERINGATI HARI JADI KE-539 KOTA BOGOR, PERUM PPD GRATISKAN ARMADA BOGOR-JAKARTA SELAMA SATU BULAN   KADINKES KOTA TANGERANG LIZA PUSPADEWI TARGETKAN SEKITAR 15.000 ORANG DAPAT DIVAKSIN PER HARI   KADINKES GUNUNG KIDUL, DIY: SEBANYAK 686 PASIEN COVID-19 DI GUNUNG KIDUL MASIH DIRAWAT DI RS   PEMPROV DKI OPERASIKAN KEMBALI WISMA RAGUNAN DAN TMII SEBAGAI TEMPAT ISOLASI TERKENDALI BAGI PASIEN COVID-19   KEMENDAGRI IMBAU PUSKESMAS TINGKATKAN PELACAKAN DAN TES GUNA CEGAH PENYEBARAN COVID-19   KEMENDAGRI: PUSKESMAS MEMILIKI PERAN SENTRAL SAAT PEMBERLAKUAN PPKM MIKRO   KOMISI VIII DPR RI DUKUNG BAZNAS UNTUK PERCEPAT IMPLEMENTASI PERPRES PENGUMPULAN ZAKAT DI LINGKUNGAN ASN   KOMISARIS UTAMA PERTAMINA BASUKI TJAHAJA PURNAMA: FASILITAS KARTU KREDIT DIHAPUS UNTUK PENGHEMATAN PERUSAHAAN