Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi Berikan Kenaikan Satu Tingkat Bagi 53 Prajurit TNI AL dan Kabinda Papua yang Gugur

Kompas.tv - 26 April 2021, 13:29 WIB
presiden-jokowi-berikan-kenaikan-satu-tingkat-bagi-53-prajurit-tni-al-dan-kabinda-papua-yang-gugur
Presiden Jokowi memberikan keterangan terkait Gugurnya Prajurit KRI Nanggala-402 dan Kabinda Papua (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo memberikan kenaikkan satu tingkat dan Bintang Jasa Jalasena bagi 53 Prajurit TNI AL di KRI Nanggala-402 yang gugur.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat menyampaikan dukacita terkait gugurnya 53 Prajurit TNI AL di KRI Nanggala dan Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

“Negara memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi serta Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi pengabdian serta pengorbanan prajurit-prajurit terbaik tersebut,” kata Presiden Jokowi pada Senin (26/4/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Instruksikan Kapolri dan Panglima TNI Tangkap KKB

Presiden Jokowi menuturkan 53 prajurit TNI Angkatan Laut di KRI Nanggala-402 yang gugur dalam melaksanakan tugas di area utara Pulau Bali adalah putra putra terbaik bangsa.

“Patriot terbaik menjaga kedaulatan negara, pengabdian saudara akan terpatri di sanubari seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi memastikan pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra-putri dari keluarga prajurit KRI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan S1.

Baca Juga: Presiden Sampaikan Dukacita Gugurnya 53 Prajurit TNI AL dan Kabinda Papua

Tidak hanya 53 Prajurit TNI AL di KRI Nanggala-402 yang menerima kenaikan satu tingkat. Presiden Jokowi mengatakan, memberi kenaikan satu tingkat bagi Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

“Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas dedikasi pengertian serta pengorbanan Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha,” ucap Presiden Jokowi.

Baca Juga: BIN Sebut Penembak Kabinda Papua Kelompok Separatis dan Teroris (KST)

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi mengutarakan telah memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota KKB.

“Saya juga telah memerintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota KKB,” tegasnya.

“Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok tanah air,” tutup Presiden Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x