Kompas TV bisnis perbankan

Ini Daftar 5 Bank yang Pamit dari Aceh

Senin, 19 April 2021 | 12:40 WIB
ini-daftar-5-bank-yang-pamit-dari-aceh
Masjid Baiturrahman di Banda Aceh (Sumber: Kemendikbud)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bank BRI mengumumkan akan menutup layanan dan operasionalnya dari Aceh. BRI mengalihkan semua layanannya ke Bank Syariah Indonesia (BSI). Lantaran anak usaha BRI, yaitu BRISyariah, sudah merger ke BSI bersama Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah.

Langkah ini dilakukan untuk mematuhi kebijakan pemerintah daerah Aceh terkait penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah Nomor 11/2018.

Mengutip Pasal 2 Qanun Lembaga Keuangan Syariah Nomor 11/2018, disebutkan setiap lembaga keuangan yang beroperasi di Aceh wajib menerapkan prinsip syariah. Aqad keuangan di Aceh pun wajib menggunakan prinsip syariah.

Baca Juga: Patuhi Qanun Lembaga Keuangan Syariah, BRI Tutup Operasional di Aceh

Qanun LKS tersebut mulai berlaku per 4 Januari 2019. Di dalam pasal 65 aturan tersebut dijelaskan, lembaga keuangan yang beroperasi di Aceh wajib menyesuaikan dengan Qanun tersebut paling lama 3 tahun sejak aturan tersebut diundangkan.

Artinya, lembaga keuangan di Aceh masih memiliki waktu hingga tahun 2022 untuk secara penuh menerapkan praktik dan prinsip keuangan syariah.

Selain Bank BRI, rupanya ada 4 bank lain yang lebih dulu melakukan hal serupa. Berikut daftarnya:

Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:43
11 ORANG MENINGGAL DAN 98 LAINNYA TERLUKA DALAM KECELAKAAN KERETA API DI QALIOUBIA, MESIR   EMPAT ORANG MENINGGAL DUNIA DALAM KECELAKAAN PESAWAT RINGAN ROBIN DR400 DI PARIS, PERANCIS   PENDIRI ADOBE INC DAN PENGEMBANG "PORTABLE DOCUMENT FORMAT" (PDF), CHARLES GESCHKE MENINGGAL DUNIA   MUI AJAK MASYARAKAT SAHUR DAN BUKA PUASA SECUKUPNYA AGAR SAMPAH ORGANIK SISA MAKANAN TIDAK MENUMPUK   500 SENIMAN DAN BUDAYAWAN JALANI VAKSIN COVID-19 DI GALERI NASIONAL INDONESIA JAKARTA   35.000 KARYAWAN PT FREEPORT INDONESIA MINTA KEJELASAN PEMERINTAH SOAL IMPLEMENTASI VAKSIN COVID-19 GOTONG ROYONG   KEMENKES: VAKSIN GOTONG ROYONG DITUJUKAN UNTUK PERUSAHAAN ATAU BADAN HUKUM   KEMENKES TEGASKAN VAKSIN GOTONG ROYONG TIDAK DIPERJUALBELIKAN KE INDIVIDU   PRESIDEN JOKOWI INGATKAN MASYARAKAT SOAL COVID-19 MASIH ADA DAN NYATA MESKI VAKSIN KORONA TENGAH BERLANGSUNG   KEMENKES: ODGJ YANG MENDAPAT VAKSIN HARUS MEMILIKI NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN (NIK)   KEMENKES PASTIKAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) AKAN MENDAPAT VAKSIN COVID-19   MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS DUKUNG POLRI MENINDAK TEGAS JOZEPH PAUL ZHANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26   MENAKER IDA FAUZIYAH IMBAU TKI DI LUAR NEGERI TIDAK MUDIK KE INDONESIA   PEMERIKSAAN SAKSI JADI AGENDA SIDANG RIZIEQ SHIHAB HARI INI DI PN JAKTIM