Kompas TV nasional hukum

Penggeledahan KPK Diduga Bocor, Barang Bukti Kasus Korupsi Dibawa Kabur Pakai Truk

Selasa, 13 April 2021 | 03:12 WIB
penggeledahan-kpk-diduga-bocor-barang-bukti-kasus-korupsi-dibawa-kabur-pakai-truk
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam konferensi pers Kinerja KPK Semester I 2020, Selasa (18/8/2020). (Sumber: Dokumentasi/Biro Humas KPK)

JAKARTA, KOMPAS TV - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gagal mengamankan barang bukti saat melakukan penggeledahan di kantor PT Jhonlin Baratama, Kalimantan Selatan, pada Jumat (9/4/2021).

Diduga, ada kebocoran informasi terkait penggeldehan yang dilakukan oleh KPK. Akibatnya, ada upaya penghilangan barang bukti (barbuk) sebelum tim penyidik KPK datang untuk menggeledah.

Baca Juga: Emas Hampir 2 Kg yang Dicuri Pegawai KPK Ternyata Barang Rampasan Milik Yaya Purnomo

Diketahui, penggeledahan itu dilakukan dalam penyidikan kasus dugaan suap terkait pemeriksaan perpajakan Tahun 2016 dan 2017 pada Ditjen Pajak Kementerian Keuangan.

Dalam penggeledahan itu, KPK menerjunkan tim ke dua lokasi di Kalimantan Selatan. Namun upaya penggeledahan itu tak membuahkan hasil.

Sejumlah dokumen yang merupakan barang bukti kasus suap itu diduga sudah dibawa kabur menggunakan truk sebelum penyidik tiba.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, mengungkapkan penyidik sempat menerima informasi terkait keberadaan barang bukti kasus dugaan suap pajak di Kalimantan Selatan itu.

Penulis : Tito Dirhantoro





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:40
BPTJ: BUS "BUY THE SERVICE" DI KOTA BOGOR AKAN BEROPERASI MULAI JUNI ATAU JULI 2021   BPTJ SEBUT KEMACETAN DI JABODETABEK SEBABKAN KERUGIAN RP 71,4 TRILIUN   MRT JAKARTA AKAN TAMBAH FASILITAS BAGI PENUMPANG YANG MEMBAWA SEPEDA NONLIPAT   MRT JAKARTA: TUGU JAM THAMRIN AKAN DIPOTONG JADI TIGA BAGIAN SEBELUM DIRELOKASI   PEMERINTAH AKAN LANJUTKAN DIALOG DENGAN TOKOH PAPUA UNTUK CARI CARA PENANGANAN KKB   TERKAIT KASUS SUAP PROYEK INDRAMAYU, KPK DALAMI DUGAAN ALIRAN UANG KE DPRD JABAR   PEMUNGUTAN SUARA ULANG PILKADA NABIRE AKAN BERLANGSUNG PADA 14 JULI 2021   KPU DAN BAWASLU GELAR RAPAT KOORDINASI BAHAS PERSIAPAN PEMUNGUTAN SUARA ULANG PILKADA NABIRE    TNI AL MENDUGA KRI NANGGALA-402 KARAM AKIBAT TERSERET ARUS BAWAH LAUT YANG KUAT   POLISI TANGKAP PELAKU LAIN YANG LOLOSKAN WNI DARI INDIA TANPA KARANTINA, SAAT INI TOTAL EMPAT TERSANGKA   CEGAH KASUS COVID-19 NAIK, MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS TEGASKAN TAK ADA DISPENSASI BAGI SANTRI YANG MUDIK LEBARAN   PEMPROV DKI AKAN CARI PENYEBAB KENAIKAN KASUS COVID-19 DI PERKANTORAN   HINGGA 28 APRIL 2021, SEBANYAK 1.424 PASIEN COVID-19 DIRAWAT DI RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN   IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA (IDAI) TAK REKOMENDASIKAN SEKOLAH TATAP MUKA KARENA MASIH PANDEMI