Kompas TV olahraga kompas sport

Kangen Liga 1? Bocoran Ketua Umum PSSI: Insya Allah Juni 2021

Kompas.tv - 28 Maret 2021, 09:26 WIB
kangen-liga-1-bocoran-ketua-umum-pssi-insya-allah-juni-2021
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan kompetisi Liga 1 musim 2021 akan digelar Juni 2021 (Sumber: PSSI)
Penulis : Gading Persada | Editor : Fadhilah

SURABAYA, KOMPAS.TV - Halo pecinta sepak bola Indonesia! Sudah kangen dengan kompetisi Liga 1? Jangan khawatir, karena federasi sepak bola Indonesia, PSSI, sudah memberikan sinyal mengenai bulan pelaksanaan kompetisi sepak bola level teratas di Tanah Air itu pada Juni 2021.

"Insya Allah Liga 1 dimulai Juni mendatang dan kami mohon dukungan semua pihak," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di sela acara Kongres Luar Biasa PSSI Jawa Timur, Sabtu (27/3/2021), seperti diberitakan Kompas.com yang mengutip Antara.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, pun berharap penyelenggaraan Piala Menpora 2021 yang saat ini tengah berlangsung di empat kota bisa berjalan sukses.

Baca Juga: Sempat Batal Lakoni Uji Coba bersama Timnas U-23, Mochamad Iriawan: STY Kesal, tapi…

“Piala Menpora 2021 menjadi tolok ukur pemerintah untuk memberikan lampu hijau penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia,” imbuh Iwan Bule.

Menurut pria yang berlatar belakang perwira tinggi Polri itu, apabila Piala Menpora berjalan lancar dan tanpa melanggar protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, maka restu akan didapat PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menyelenggarakan Liga 1 dan Liga 2.

"Pemerintah dan Polri pasti memberi lampu hijau kepada PSSI untuk menyelenggarakan Liga 1 dan Liga 2. Maka dari itu, kami berharap semuanya saling mendukung," ujar Iriawan.

Adapun Piala Menpora 2021 telah berjalan selama sepekan. Sejauh ini, protokol kesehatan berhasil diterapkan di setiap pertandingan.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengaku puas karena PT LIB dan PSSI menepati janji dalam menciptakan ekosistem turnamen yang steril dari Covid-19.

Baca Juga: Tinjau Pelaksanaan Piala Menpora 2021, Menpora: Semua Berjalan Lancar dan Sesuai Prokes

“Dari pemantauan kami sejak dibuka sejak tanggal 21 sampai hari ini, khusus untuk penerapan protokol kesehatan di tempat pelaksanaan pertandingan, penginapan, dan tempat latihan, seperti ini masih dijalankan sesuai dengan janji dan pemaparan yang dilakukan PSSI, PT LIB, serta panitia ketika rapat koordinasi di Kantor Kemenpora dan Mabes Polri sebelum izin diterbitkan,” sambung Zainudin Amali.

Seperti Mochamad Iriawan, Zainudin Amali juga mengatakan bahwa apabila performa ini dipertahankan atau ditingkatkan, maka kemungkinan izin penyelenggaran Liga 1 2021 dan Liga 2 2021 akan diberikan.

Kembali lagi, tujuan awal turnamen pramusim ini adalah sebagai test case mengenai kesiapan sejumlah pemangku kepentingan dalam menyelenggarakan kompetisi di tengah pandemi.

Baca Juga: Polda DIY Minta Komitmen 4 Klub di Grup D untuk Sportif dan Jaga Prokes Selama Piala Menpora 2021

“Ini ujian, apabila PSSI dan PT LIB sebagai penyelenggara bisa melaksanakan sesuai dengan apa yang sudah disampaikan kepada kami dan Pak Kapolri, maka untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Insya Allah izinnya akan terbit,” lanjut Zainudin Amali.

Adapun Piala Menpora 2021 kembali dilanjutkan pada Minggu (28/3/2021) sore nanti dengan laga-laga Grup C.

Pertandingan PSS Sleman vs Persela Lamongan lebih dulu digelar di Stadion Si Jalak Harupat, pukul 15.15 WIB. Setelah itu berlanjut dengan laga antara Madura United dan Persebaya Surabaya di stadion yang sama pukul 18.15 WIB.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x