Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Kontainer Ever Given Masih Terjebak di Terusan Suez, Kerugian Ditaksir Rp43 Triliun per Hari

Kompas.tv - 26 Maret 2021, 00:05 WIB
kapal-kontainer-ever-given-masih-terjebak-di-terusan-suez-kerugian-ditaksir-rp43-triliun-per-hari
Kapal kargo raksasa Ever Given masih terjebak di Terusan Suez pada Kamis (25/3/2021) setelah kandas dan menutup jalur kanal pada Selasa (23/3/2021). (Sumber: Otoritas Terusan Suez via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

TERUSAN SUEZ, KOMPAS.TV – Kapal kontainer raksasa Ever Given seukuran empat kali lapangan sepak bola, hingga Kamis (25/3/2021) masih tersangkut di Terusan Suez, Mesir, dan memblokir salah satu rute perdagangan tersibuk di dunia.

Kerugian akibat kemacetan yang disebabkan oleh kapal kargo raksasa ini mencapai USD3 miliar atau sekitar Rp43 triliun per hari, kata pakar sejarah maritim, Salvatore Mercogliano.

"Organisasi konferensi pengapalan internasional, ISC, mengatakan kerugian akibat kemacetan di Terusan Suez bisa mencapai USD3 miliar per hari," kata Mercogliano, seperti dikutip dari BBC, Kamis (25/3/2021).

Baca Juga: Kapal Kargo Raksasa Kandas di Terusan Suez, Lalu Lintas Perdagangan Asia - Eropa Terancam Mandek

Sementara, jurnal pengiriman terkenal Lloyd’s List memperkirakan, seperti dilansir dari The Associated Press pada Kamis (25/3/2021), penutupan Terusan Suez dalam satu hari akan mengganggu pengiriman barang senilai USD9 miliar atau setara dengan Rp130 triliun yang melewati kanal penting tersebut.

Citra satelit menunjukkan kapal kontainer raksasa Ever Given masih kandas di Terusan Suez, Mesir, Kamis (25/3/2021). (Sumber: Planet Labs Inc. via AP)

Perusahaan Jepang yang memiliki kapal raksasa ini, Shoei Kisen Kaisha, menyatakan permintaan maaf bagi semua pihak yang terdampak. “Kami meminta maaf pada semua pihak yang terdampak oleh insiden ini, termasuk kapal-kapal lain yang tengah berlayar dan berencana melintasi Terusan Suez,” demikian bunyi pernyataan tertulis perusahaan itu pada Kamis (25/3/2021).

Baca Juga: Kapal Kargonya Berlubang Akibat Ledakan, Israel Tuding Iran Pelakunya

Shoei Kisen Kaisha menyatakan, mendorong dan memindahkan Ever Given terbukti sangat sulit. Namun, “Kami berupaya sekuat tenaga untuk mengatasi situasi ini secepat mungkin,” tambahnya.

Saat ini, setidaknya 150 kapal terjebak dan terpaksa mengantre untuk melalui Terusan Suez, menanti kapal penyelamat untuk membebaskan kapal sepanjang 400 m itu, yang melenceng dari jalurnya karena angin kencang.

Peta posisi kapal kargo Ever Given yang kandas dan menutup jalur Terusan Suez bagi kapal-kapal lain yang mengantre di Laut Merah dan Laut Mediterania pada Kamis (25/3/2021).(Sumber: Vessel Finder)

Mesir telah membuka kembali saluran lama di kanal itu untuk mengalihkan beberapa lalu lintas sampai kapal kontainer yang terdampar itu dapat bergerak lagi.

Kejadian ini telah mengakibatkan kenaikan harga minyak di pasar internasional.

Harga minyak mentah di bursa berjangka global pada Rabu (24/3), seperti dilaporkan oleh AFP, naik 6% setelah para pelaku pasar berjaga-jaga atas dampak gangguan di Terusan Suez itu.

Baca Juga: Konflik Akibat Ledakan di Kapal Kargo Israel Kian Panas, Israel dan Iran Saling Tuding

Sekitar 12% perdagangan di dunia melewati Terusan Suez, yang menghubungkan Mediterania ke Laut Merah dan menyediakan jalur laut terpendek antara Asia dan Eropa.

Kapal Ever Given, terdaftar di Panama dan dioperasikan oleh perusahaan perkapalan Evergreen, sedang dalam perjalanan menuju kota pelabuhan Rotterdam di Belanda dari China, dan bergerak ke utara melewati kanal untuk sampai ke Mediterania.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x