Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Kargonya Berlubang Akibat Ledakan, Israel Tuding Iran Pelakunya

Senin, 1 Maret 2021 | 00:34 WIB
kapal-kargonya-berlubang-akibat-ledakan-israel-tuding-iran-pelakunya
Kapal kargo raksasa Helios Ray milik Israel terpaksa bersandar di pelabuhan di Dubai, Uni Emirat Arab pada Minggu (28/2) setelah mengalami ledakan di Teluk Oman. (Sumber: AP Photo / Kamran Jebreili)

DUBAI, KOMPAS.TV – Sebuah kapal kargo milik Israel yang mengalami ledakan misterius di Teluk Oman, bersandar di pelabuhan Dubai, Uni Emirat Arab (UAE) pada Minggu (28/2) untuk melakukan perbaikan. Peristiwa ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran, Israel, Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi di perairan Timur Tengah.

Associated Press melaporkan, kapal kargo raksasa Helios Ray milik Israel bersandar di pelabuhan Rashid, Dubai pada Minggu (28/2). Meski dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam ledakan tersebut, kapal kargo mengalami kerusakan berupa sejumlah lubang. Menurut sejumlah pejabat pertahanan AS, terdapat 2 lubang di sisi kiri dan 2 lubang di sisi kanan badan kapal tepat di atas batas garis air.

Sebelum lepas sauh dari Timur Tengah menuju Singapura, kapal kargo Helios Ray telah menurunkan muatan sejumlah mobil di pelabuhan-pelabuhan di Teluk Persia.  Namun, ledakan yang terjadi saat kapal tengah berlayar dari pelabuhan Dammam di Arab Saudi keluar Teluk Oman itu memaksa kapal berbelok ke Dubai, UAE untuk melakukan perbaikan.

Baca Juga: Perang Antara Iran, Amerika Serikat dan Arab Saudi Ternyata Telah Diramalkan 800 Tahun Lalu

Masih belum jelas apa yang menyebabkan ledakan tersebut, namun insiden itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran terkait kesepakatan nuklir 2015. Iran telah berupaya menekan pemerintahan Presiden Joe Biden untuk memberi keringanan atas sanksi AS terhadap Iran. Sanksi ini diberlakukan oleh Presiden Donald Trump di bawah kesepakatan dengan sejumlah negara lain yang menjadi kekuatan dunia.

Ledakan di kapal kargo Helios Ray yang terjadi pada Jumat (26/2) mengingatkan akan serangkaian serangan terhadap kapal-kapal tanker minyak asing pada 2019 yang dituduh AS telah dilakukan oleh Iran. Teheran membantah peran apapun dalam sejumlah serangan yang terjadi di dekat Selat Hormuz yang menjadi titik penghubung minyak utama itu.

Sejumlah pejabat Israel menduga, Iran bertanggung jawab atas ledakan yang terjadi di kapal kargo tersebut. Dalam pidatonya di sebuah pangkalan militer pada Minggu (28/2), Kepala Staf Militer Israel Aviv Kochavi menuding Iran telah melancarkan operasi terhadap sasaran sipil. Tuduhan ini kemudian dikonfirmasi oleh tentara Israel mengacu pada serangan terhadap kapal kargo tersebut.

Penulis : Vyara Lestari





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Murottal Surat Al Baqarah 16-20

Sabtu, 17 April 2021 | 14:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:31
WEBINAR "BAHASA & KALIMAT EFEKTIF" BERSAMA PENYELARAS BAHASA HARIAN KOMPAS DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   GEDUNG PUTIH AS KIBARKAN BENDERA SETENGAH TIANG PASCA-PENEMBAKAN DI INDIANAPOLIS   KALAH MELAWAN ANDREY RUBLEV, PETENIS RAFAEL NADAL GAGAL CETAK GELAR KE-12 PADA AJANG ATP MASTERS 1.000   PETENIS ANDREY RUBLEV SINGKIRKAN RAFAEL NADAL DI PEREMPAT FINAL MONTE CARLO MASTERS   TIONGKOK SIAP INVESTASI RP 20,01 TRILIUN DI SEKTOR FURNITUR INDONESIA   GEOPARK BELITONG DITETAPKAN SEBAGAI UNESCO GLOBAL GEOPARK PADA SIDANG KE-211 DEWAN EKSEKUTIF UNESCO   POLDA JAWA BARAT SIAPKAN SKENARIO PENYEKATAN HALAU PEMUDIK SAAT LEBARAN   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SIAPKAN SANKSI BAGI ASN YANG NEKAT MUDIK LEBARAN   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL: ASN DILARANG MUDIK LEBARAN, TIDAK ADA ALASAN YANG SIFATNYA PRIBADI   ASN KARAWANG AKAN DIBERI SANKSI JIKA MELANGGAR LARANGAN MUDIK LEBARAN   PEMKAB KARAWANG MELARANG ASN MUDIK BAIK SEBELUM DAN SESUDAH 6-17 MEI 2021   PEMPROV DKI JAKARTA IMBAU SEMUA PEGAWAI TAK BUKA PUASA ATAU SAHUR BERSAMA SELAMA RAMADAN   KAKORLANTAS POLRI TEGASKAN TIDAK MEREKOMENDASIKAN MUDIK SEBELUM TANGGAL 6 MEI 2021   KEMENDAGRI SEBUT INFORMASI GOLONGAN DARAH PENDUDUK AKAN PERMUDAH PMI RENCANAKAN WILAYAH PRIORITAS DONOR DARAH