Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Resmi Buka Kedutaan di Uni Emirat Arab

Kompas.tv - 25 Januari 2021, 10:41 WIB
israel-resmi-buka-kedutaan-di-uni-emirat-arab
Bendera Uni Emirat Arab dan Israel di sebuah jembatan di kota Netanya, Israel, yang menjadi simbol normalisasi hubungan kedua negara. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Tussie Ayu

YERUSALEM, KOMPAS.TV – Kementerian Luar Negeri Israel menyatakan membuka kedutaan besar di Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (24/1/2021). Langkah ini dilakukan setelah empat bulan normalisasi hubungan antara kedua negara.

"Hari ini kedutaan besar Israel di Abu Dhabi secara resmi telah dibuka, dengan kedatangan kepala misi Eitan Naeh," kata pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Israel, seperti dikutip dari saluran televisi Prancis france24.com.

Kedutaan Besar Israel di Uni Emirat Arab akan memajukan hubungan antara kedua negara di semua tingkatan.

Baca Juga: Massa Lanjut Demo Tuntut PM Israel Benjamin Netanyahu Mengundurkan Diri

UEA, bersama dengan Bahrain, telah menandatangani kesepakatan yang ditengahi oleh Amerika Serikat (AS) pada bulan September lalu, untuk menormalisasi hubungan antara kedua negara.

Perjanjian tersebut, yang dikenal sebagai "Abraham Accords", menghancurkan konsensus Arab yang telah lama ada, bahwa negara-negara Arab tidak boleh melakukan normalisasi hubungan dengan Israel, sampai mencapai kesepakatan damai yang komprehensif dengan Palestina.

Palestina mengutuk perjanjian itu sebagai "tikaman dari belakang".

Kementerian Luar Negeri Israel menyatakan, Kedutaan Besar Israel di Abu Dhabi akan beroperasi dari kantor sementara, hingga menemukan fasilitas permanen

Misi tersebut akan bertujuan untuk memperluas hubungan dengan pemerintah UAE, badan keuangan dan sektor swasta, universitas, media dan berbagai sektor lainnya.

Baca Juga: Misil Israel Tewaskan Satu Keluarga dengan Dua Anak di Suriah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.