Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Kargo Raksasa Kandas di Terusan Suez, Lalu Lintas Perdagangan Asia - Eropa Terancam Mandek

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 00:21 WIB
kapal-kargo-raksasa-kandas-di-terusan-suez-lalu-lintas-perdagangan-asia-eropa-terancam-mandek
Sebuah kapal tunda tengah memandu kapal kargo raksasa Ever Given di Terusan Suez pada Rabu (24/3/2021) setelah kandas dan menutup jalur kanal pada Selasa (23/3/2021). (Sumber: Otoritas Terusan Suez via AP)
Penulis : Vyara Lestari

DUBAI, KOMPAS.TV – Sebuah kapal kargo berukuran raksasa terjepit di Terusan Suez di Mesir hingga menghalangi lalu lintas di jalur air vital itu. Insiden ini, kata pihak berwenang setempat pada Rabu (24/3/2021), mengancam terganggunya sistem pengiriman global yang sudah terdampak pandemi virus corona.

Kapal Ever Given berbendera Panama yang mengangkut kargo antara Asia dan Eropa, kandas sehari sebelumnya pada Selasa (23/3/2021) di kanal sempit buatan manusia yang memisahkan benua Afrika dari Semenanjung Sinai itu. Haluan kapal tampak menyentuh dinding timur kanal, sementara buritan kapal terlihat bersandar pada dinding barat kanal. Ini sebuah peristiwa luar biasa yang disebut para ahli belum pernah terjadi sebelumnya dalam 150 tahun sejarah kanal penting itu.

Pada Rabu (24/3/2021), sejumlah kapal tunda berupaya mendorong kapal kargo itu, sementara kapal-kapal yang akan memasuki terusan mulai berbaris antri di Laut Mediterania dan Laut Merah. Namun, masih belum jelas kapan rute yang dilalui sekitar 10% perdagangan dunia dan merupakan rute penting bagi pengangkutan minyak itu akan kembali dibuka. Pihak berwenang menyebut, upaya pembebasan kapal kargo yang kandas itu akan memakan waktu setidaknya 2 hari. Kekhawatiran akan adanya ancaman serangan bajak laut dan teroris terhadap kapal-kapal yang mengantri Terusan Suez pun mengemuka.

Baca Juga: Kapal Pesiar Viking Grace Kandas, Diduga Karena Dihempas Angin Badai

“Terusan Suez akan melakukan segala daya upaya untuk memastikan pemulihan navigasi dan melayani pergerakan perdagangan dunia,” janji Letjen Ossama Rabei, kepala Otoritas Terusan Suez seperti dikutip dari The Associated Press.

Sebuah backhoe tampak berupaya menggali dinding tempat haluan kapal kargo Ever Given kandas di Terusan Suez, Mesir, pada Rabu (24/3/2021). (Sumber: Otoritas Terusan Suez via AP)

Akibat Mati Listrik Atau Angin Kencang?

Bernhard Schulte Shipmanagement yang mengoperasikan kapal Ever Given mengatakan, seluruh 20 awak kapal selamat dan tidak dilaporkan adanya cedera atau polusi.

Masih belum jelas apa yang menyebabkan kapal Ever Given kandas dan terjepit pada Selasa pagi (23/3/2021). GAC, sebuah perusahaan pengangkutan dan logistik dunia, menyebut bahwa kapal Ever Given sempat mengalami mati listrik. Namun, hal ini langsung dibantah oleh Bernhard Schulte.

Citra satelit menunjukkan kapal kargo Ever Given yang kandas dan terjepit di Terusan Suez dekat Suez, Mesir pada Selasa (23/3/2021). (Sumber: Planet Labs Inc. via AP)

Evergreen Marine Corp, perusahaan pengangkutan raksasa yang berbasis di Taiwan yang mengoperasikan kapal kargo Ever Given, menyatakan bahwa angin kencang melanda saat Ever Given memasuki kanal tersebut dari Laut Merah. Namun, tak ada satu pun kontainer yang diangkutnya tenggelam.

Seorang petugas Mesir juga menyalahkan angin kencang sebagai penyebab insiden itu. Ramalan cuaca Mesir menyebut adanya angin kencang dan badai pasir dengan kecepatan 50 kilometer per jam yang melanda kawasan itu pada Selasa (23/3/2021).

Baca Juga: Kapal Kargonya Berlubang Akibat Ledakan, Israel Tuding Iran Pelakunya




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x