Kompas TV internasional kompas dunia

Konflik Akibat Ledakan di Kapal Kargo Israel Kian Panas, Israel dan Iran Saling Tuding

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 23:54 WIB
konflik-akibat-ledakan-di-kapal-kargo-israel-kian-panas-israel-dan-iran-saling-tuding
Kapal kargo raksasa Helios Ray milik Israel terpaksa bersandar di pelabuhan di Dubai, Uni Emirat Arab pada Minggu (28/2) setelah mengalami ledakan di Teluk Oman. (Sumber: AP Photo / Kamran Jebreili)
Penulis : Vyara Lestari

YERUSALEM, KOMPAS.TV – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Senin (1/3) menuduh Iran telah menyerang sebuah kapal kargo milik Israel di Teluk Oman pekan lalu.

Tanpa menyediakan bukti atas klaimnya, Netanyahu menyatakan lewat lembaga penyiaran publik Israel Kan bahwa, “Serangan itu merupakan ulah Iran, sudah jelas.”

“Iran merupakan musuh terbesar Israel, saya bertekad menghentikannya. Kami akan melakukan penyerangan di seluruh wilayah,” kata Netanyahu seperti dilansir dari Associated Press

Ledakan terjadi di kapal kargo raksasa milik Israel Helios Ray, saat kapal tersebut tengah berlayar keluar kawasan Timur Tengah menuju Singapura pada Jumat (26/2). Meski dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam ledakan tersebut, kapal kargo mengalami kerusakan berupa sejumlah lubang. Menurut sejumlah pejabat pertahanan AS, terdapat 2 lubang di sisi kiri dan 2 lubang di sisi kanan badan kapal tepat di atas batas garis air.

Baca Juga: Calon Menlu AS Mengatakan AS akan Bergabung Kembali Ke Kesepakatan Nuklir Multilateral Iran

Akibat insiden ledakan, kapal kargo tersebut terpaksa mengalihkan rute dan bersandar di pelabuhan Rashid di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE) pada Minggu (28/2) untuk melakukan perbaikan.

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran terkait kesepakatan nuklir 2015. Iran telah berupaya menekan pemerintahan Presiden Joe Biden untuk memberi keringanan atas sanksi AS terhadap Iran. Sanksi ini diberlakukan oleh Presiden Donald Trump di bawah kesepakatan dengan sejumlah negara lain yang menjadi kekuatan dunia.

Baca Juga: Kapal Kargonya Berlubang Akibat Ledakan, Israel Tuding Iran Pelakunya

Ledakan pada kapal kargo yang terjadi pada Jumat (26/2) mengingatkan akan serangkaian serangan terhadap kapal-kapal tanker minyak asing pada 2019 yang dituding AS telah dilakukan oleh Iran. Teheran membantah peran apapun dalam sejumlah serangan yang terjadi di dekat Selat Hormuz yang menjadi titik penghubung minyak utama itu.

Masih belum jelas apa yang menyebabkan ledakan pada kapal kargo Helios Ray. Sepanjang akhir pekan kemarin, menteri pertahanan Israel dan kepala staf militernya mengindikasikan bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal kargo tersebut.

Iran Bantah Keras Tuduhan Israel



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x