Kompas TV internasional kompas dunia

Orang Tertua Eropa, Seorang Biarawati Berusia 116 Tahun Sembuh dari Covid-19

Kompas.tv - 10 Februari 2021, 07:05 WIB
orang-tertua-eropa-seorang-biarawati-berusia-116-tahun-sembuh-dari-covid-19
Lucille Randon, biarawati Prancis berusia 116 tahun yang merupakan orang tertua di Eropa dan nomor dua tertua di dunia, selamat dari Covid-19 (Sumber: Annabelle Lullier-Bannal)
Penulis : Edwin Shri Bimo

TOULON, KOMPAS.TV - Seorang biarawati bernama Andre dari Toulon di Prancis selatan - orang tertua di Eropa dan diyakini sebagai orang tertua kedua di dunia - terinfeksi Covid-19 dan sembuh. Saat ditanya, dirinya bersikeras mengatakan sudah tidak takut mati akibat virus corona, dan dalam perjalanannya tidak mengalami gejala saat terinfeksi virus tersebut.

Biarawati tuna netra Prancis berusia 116 tahun itu selamat dari Covid-19 dan bahkan tidak memiliki gejala. Suster Andre akan merayakan ulang tahunnya yang ke 117 Kamis ini, tanggal 11 Februari, kata pengasuhnya.

Nama aslinya adalah Lucile Randon dan dia mengambil nama Suster Andre ketika mengucapkan sumpahnya pada tahun 1944. Dia dinyatakan positif mengidap Covid-19 di rumah jompo di Toulon, Prancis selatan,16 Januari lalu.

Biarawati itu diisolasi dari penghuni lain, tetapi selama dirawat tidak menunjukkan gejala apa pun.

Ditanya apakah dia takut dengan virus Corona yang telah menewaskan lebih dari 2 juta di seluruh dunia dan banyak meminta nyawa populasi lansia, Suster Andrew bersikeras dia tidak takut.

Baca Juga: Aktor Pemenang Oscar Tertua Christopher Plummer Meninggal di Usia 91 Tahun

Lucille Randon atau Suster Andre, biarawati Prancis berusia 116 tahun yang merupakan orang tertua di Eropa dan nomor dua tertua di dunia, selamat dari Covid-19 (Sumber: AFP)

Dia mengatakan kepada televisi BFM Prancis, "Tidak, saya tidak takut karena saya tidak takut mati ... Saya senang bersama Anda, tetapi saya ingin berada di tempat lain - bersama kakak laki-laki dan kakek serta nenek saya,"

David Tavella, juru bicara panti jompo Sainte Catherine Laboure, mengatakan Suster Andrew sejauh ini baik-baik saja.

"Kami menganggap dia sudah sembuh dan pulih (dari Covid-19). Dia sangat tenang dan dia berharap bisa merayakan ulang tahunnya yang ke 117 pada hari Kamis."

David mengatakan Suster Andre sangat bersemangat untuk merayakan ulang tahunnya, namun kali ini dengan tamu yang lebih sedikit dari biasanya karena risiko infeksi virus corona.

"Dia sangat beruntung," tambah David.

Baca Juga: Julia Flores Colque Orang Tertua di Dunia

Lucille Randon atau Suster Andre, biarawati Prancis berusia 116 tahun yang merupakan orang tertua di Eropa dan nomor dua tertua di dunia, selamat dari Covid-19 (Sumber: Maxppp/Luc Boutria)

Suster Andre, yang lahir pada tanggal 11 Februari 1904, dianggap sebagai orang tertua kedua di dunia menurut Daftar Peringkat Supercentenarian Dunia dari Gerontology Research Group (GRG).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x